IMPLEMENTASI DENAH SEKOLAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Bangunrejo)

Mustajab, Ahmad Malik (2022) IMPLEMENTASI DENAH SEKOLAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Bangunrejo). Skripsi thesis, Insitut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (618kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (674kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI DENAH SEKOLAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (Studi kasus: SMA Negeri 1 Bangunrejo) Oleh AHMAD MALIK MUSTAJAB SMA Negeri 1 Bangunrejo merupakan salah satu sekolah menengah atas yang berada di kabupaten Lampung Tengah. Sekolah ini telah membangun beberapa gedung baru karena penerimaan calon siswa yang meningkat. Calon siswa baru kerap menemui kesulitan dalam mengenal denah sekolah dikarenakan pengenalan sekolah yang dilakukan kurang efektif, Untuk itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan membuat perangkat lunak yang dapat mempermudah sekolah untuk mensosialisasikan denah gedung sekolah yang terdapat di SMA Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah. Metode yang dilakukan dalam pengembangan perangkat lunak pada penelitian ini adalah metode SCRUM. Metode ini memiliki beberapa tahapan-tahapan antara lain: Product backlog, Sprint Planing meeting, Sprint Backlog, Sprint Log, Finished Working. Pada tahapan sprint log terdapat beberapa aktivitas yaitu: pembuatan Objek 3D dan marker objek, pembuatan Interface, dan pembuatan aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat lunak augmented reality denah sekolah SMA Negeri 1 Bangunrejo. Aplikasi ini dapat menampilkan objek berupa gedung sekolah secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan Marker. Marker yang dideteksi oleh kamera pada smartphone android akan menampilkan objek denah gedung 3D, sehingga pengguna aplikasi dapat mengamati bagaimana bentuk denah gedung sekolah secara realtime. Kata Kunci: Augmented Reality, denah, sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Ahmad Malik Mustajab
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:25
Last Modified: 28 Feb 2023 08:25
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/11129

Actions (login required)

View Item View Item