ANALISIS POSITIONING PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MENGGUNAKAN METODE MDS (MULTIDIMENSIONAL SCALING) (Studi Kasus Pada Konsumen Aqua, cleo dan Le Minerale di Bandar Lampung)

Nico, Nainggolan, S.E and Muhammad Ariza, Eka Yusendra, S.P.,M.M (2023) ANALISIS POSITIONING PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MENGGUNAKAN METODE MDS (MULTIDIMENSIONAL SCALING) (Studi Kasus Pada Konsumen Aqua, cleo dan Le Minerale di Bandar Lampung). Skripsi thesis, IIB Daramajaya.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (43kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (195kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (301kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (535kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
dafar pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (629kB)
[img] Text
hal. pengesahan.pdf

Download (541kB)

Abstract

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merupakan produk yang memiliki minat konsumen sangat besar karena ketergantungan masyarakat terhadap air minum yang membuat tingginya tingkat persaingan produk. Oleh karena hal tersebut banyak perusahan-perusahaan AMDK muncul dan berkembang, dan bersaing di pasar amdk. Persaingan ini menimbulkan produk AMDK mengembangkan dan menciptakan keunggulan bersaing. Positioning merupakan strategi yang diciptakan oleh Perusahaan AMDK untuk menciptakan produk yang unik dalam benak pelanggan, sehingga terbentuk citra (image) merek atau produk yang lebih unggul dibandingkan dengan merek atau produk pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan positioning produk aqua, cleo dan le minerale di Bandar Lampung. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling yang dimana pengambilan sample berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti, dimana jumlah populasi tidak diketahui, populasinya adalah adalah konsumen yang pernah menggunakan produk aqua, cleo dan le minerale. Berdasarkan analisis dan pembahasan pada Analisis Faktor, melalui uji interdependensi variable; Nilai Measures of Sampling Adequancy (MSA) memenuhi syarat, nilai Keiser–Mayer–Olkin (KMO) layak menggunakan metode analisis faktor, Ekstraksi Faktor hanya satu faktor/komponen yang terekstrak. Berdasarkan analisis dan pembahasan pada peta positioning produk AMDK diketahui bahwa aqua dipersepsikan konsumen memiliki keunggulan pada atribut ii Reputasi Merek, Ketersediaan produk berbagai kemasan, Kemudahan produk dibawa kemana-mana. Le Minerale memiliki keunggulan; Kualitas Produk (segar sehat, dan aman), Desain produk, Keterjangkauan harga dan Bahan kemasan yang eco friendly. Selanjutnya, menggunakan uji MDS (Multi Dimension Scalling) dengan produk yang dibandingkan tidak memiliki kemiripan satu sama lain pada atribut, Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap produk amdk memiliki perbedaan satu sama lain pada setiap atribut, produk amdk yang dibandingkan tidak memiliki kemiripan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Nico Nainggolan
Date Deposited: 17 May 2023 07:16
Last Modified: 17 May 2023 07:16
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item