Efektifitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Paperless Office System. (Studi Kasus : Kantor Balai Desa Kota Jawa, Kec. Way Khilau)

Alya Fazri Hidayat, 2011050100 and Rini Nurlistiani, Nurlistiani,S.Kom,.M.T.I (2023) Efektifitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Paperless Office System. (Studi Kasus : Kantor Balai Desa Kota Jawa, Kec. Way Khilau). Laporan PKPM thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
LAPORAN PKPM ALYA COVER DEPAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ALYA FAZRI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAPORAN_PKPM alya DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAPORAN_PKPM alya kata pengantar.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAPORAN_PKPM alya bab 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAPORAN_PKPM_ALYA_bab2.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAPORAN_PKPM_ALYA_bab3.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAPORAN_PKPM_ALYA_daftar pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAPORAN_PKPM_ALYA_lampiran.pdf

Download (854kB)

Abstract

Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat.Pengabdian merupakan suatu wujud kristalisasi dan integralisasi dari ilmu yang tertuang secara teoritis di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dan dikembangkan dalam kehidupan masyarakat luas. PKPM bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran hidup bermasyarakat. Bagi masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi dan inovasi dalam bidang sosial kemasyarakatan. Hali ni selaras dengan fungsi perguruan tinggi sebagai jembatan (komunikasi) dalam proses pembangunan dan penerapan IPTEK pada khususnya. Berkaitan dengan salah satu syarat kelulusan untuk Program S1 di Kampus IIB Darmajaya, pihak kampus mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk melaksanakan Mata Kuliah Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM), dimana proses secara teori yang telah diserap di Kampus senantiasa dapat diterapkan di Desa Kota Jawa, KecamatanWay Khilau, Kabupaten Pesawaran. Pelaksanaan PKPM tahun 2023 dilaksanakan secara offline karna covid-19 sudah tidak ada lagi, PKPM kali ini ditempatkan di Desa Kota Jawa yang merupakan salah satu perkembangan produk UMKM yang sangat luas di pemasaran masyarakat yang ada di Kecamatan Way Khilau. Tujuan utama dari Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) adalah Digitalisasi media informasi. Secara digitalisasi, informasi atau profil desa kota jawa terdapat dalam paperless dokumen desa dengan adanya data dokumen desa, surat-surat kegiatan dan dokumen penting yang menumpuk dan juga dokumen untuk masyarakat desa, dengan begitu kami segenap kelompok KKN terutama saya membantu mengembangkan tatanan informasi di desa Kota Jawa maupun di media supaya lebih lengkap. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas Sehingga penulis membuat Paperless Office Desa Kota jawa agar memiliki identitas profil Desa Kota Jawa yang mencakup luas di media masyarakat luas. Dengan demikian hal itu menjadi tantangan bagi penulis untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan dapat memperoleh pengalaman dan ilmu dari berbagai perbedaan dan persamaan antara teori dan praktek. Berdasarkan analisa di atas tersebut, penulis membuat Laporan Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) ini dengan judul “EFEKTIFITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PAPERLESS OFFICE SYSTEM (STUDY KASUS : KANTOR BALAI DESA KOTA JAWA,KEC. WAY KHILAU)”.

Item Type: Thesis (Laporan PKPM)
Subjects: Ilmu Komputer
Laporan PKPM
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Alya Fazri Alya Hidayat
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:26
Last Modified: 14 Sep 2023 03:26
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/13536

Available Versions of this Item

  • Efektifitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Paperless Office System. (Studi Kasus : Kantor Balai Desa Kota Jawa, Kec. Way Khilau). (deposited 14 Sep 2023 03:26) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item