RANCANG BANGUN PENGENALAN PROFILE PROVINSI PADA PULAU SUMATERA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI 3D AUGMENTED REALITY

Hakim, Luqmanul and Rosandy, Triowali (2023) RANCANG BANGUN PENGENALAN PROFILE PROVINSI PADA PULAU SUMATERA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI 3D AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Cover.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan sangatlah penting guna mempermudah dalam penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan metode marker based tracking dalam pembelajaran profile Provinsi di Pulau Sumatera bagi siswa SDN 2 Kutadalom. Penelitian ini memfokuskan pada pengembangan aplikasi berbasis Android yang memanfaatkan metode marker based tracking untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Metode marker based tracking memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dunia nyata dengan elemen-elemen virtual melalui pengenalan marker yang ada di lingkungan sekitarnya. Aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini akan memungkinkan siswa untuk mengarahkan perangkat Android mereka ke marker yang terkait dengan profil Provinsi di Pulau Sumatera, dan kemudian akan muncul konten AR yang berisi informasi multimedia mengenai provinsi tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Augmented Reality dengan metode marker based tracking yang dapat memunculkan objek 3D logo dengan informasi yang terkait dengan profile Provinsi dan audio yang berisikan sejarah Provinsi. Kata kunci : Augmented reality, Marker based tracking, Pembelajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Luqmanul Hakim
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:15
Last Modified: 02 Nov 2023 01:15
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/14185

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item