Pemanfaatan Teknologi Komputer (Augmented Reality) Pada Pembelajaran Materi Ilmu Kimia Untuk Memodelkan Rumus Struktur Senyawa Kimia kedalam bentuk 3D

Hasib, Nashrul (2017) Pemanfaatan Teknologi Komputer (Augmented Reality) Pada Pembelajaran Materi Ilmu Kimia Untuk Memodelkan Rumus Struktur Senyawa Kimia kedalam bentuk 3D. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
Skripsi Gabungan.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan Teknologi Komputer (Augmented Reality) Pada Pembelajaran Materi Ilmu Kimia Untuk Memodelkan Rumus Struktur Senyawa Kimia kedalam bentuk 3D Oleh : Nashrul Hasib (NPM : 1211010183) Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Penelitian ini bertujuan memanfaatkan teknologi komputer, dalam hal ini Augmented Reality sebagai media pembelajaran struktur senyawa kimia. Pada buku pelajaran kimia, struktur senyawa kimia berupa gambar 2 Dimensi. Gambar pada buku diubah kedalam bentuk magic book yang didalamnya terdapat marker yaitu pendanda khusus berupa pola yang dapat di deteksi oleh sistem komputer. Dengan teknologi Augmented Reality, marker kemudian dimodelkan kedalam bentuk 3 Dimensi yang muncul pada layar smartphone android. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahapan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distributive. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan study pustaka yang dilakukan di SMA N 1 Menggala. Adapun tahapan testing menggunakan metode black box. Pengembangan perangkat lunak yang dihasilkan berupa aplikasi ARKimia yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan aplikasi ini diantaranya menampilkan objek 3D dari gambar 2D, objek 3D yang ditampilkan dapat dirotasi 360˚, terdapat informasi nama IUPAC, Trivial dan nama umum dari senyawa yang ditampilkan. Adapun kekuranganya antara lain hanya terdapat 10 model struktur senyawa kimia dan hanya dapat dijalankan pada perangkat android. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat dan mempermudah siswa dalam memahami struktur senyawa kimia serta dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya dan melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian ini. Kata kunci : Augmented Reality, Magic Book, ARKimia, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Black Box, Marker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: editor 1
Date Deposited: 16 Sep 2020 01:25
Last Modified: 16 Sep 2020 01:32
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item