RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATEMATIKA DAN TIK BERBASIS MOBILE ANDROID STUDI KASUS SMPN 1 LIMAU

Aditya, Fajar and Ochi, Marshella Febriani (2024) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATEMATIKA DAN TIK BERBASIS MOBILE ANDROID STUDI KASUS SMPN 1 LIMAU. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (315kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (747kB)

Abstract

Pendidikan dan teknologi menjadi poin penting dalam pengembangan individu dan masyarakat. Di SMPN 1 Limau, Kurikulum Merdeka memperkuat pembelajaran matematika dan TIK. Namun, keterbatasan akses ke lab komputer dan ketidaksesuaian materi pembelajaran menciptakan tantangan. Solusinya adalah pengembangan game edukasi berbasis Android. Penggunaan game tersebut diharapkan dapat merangsang minat belajar siswa, memperkaya pengalaman belajar, dan mendukung kurikulum. Metode yang digunakan adalah Extreme Programming dengan alat UML seperti use case diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagram. Database yang digunakan adalah Firebase. Tahapan pengembangannya mencakup perencanaan, desain, pengkodean, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis Android berpotensi meningkatkan minat belajar siswa, mengintegrasikan pembelajaran dengan kurikulum sekolah, dan memberikan manfaat bagi pengembang, sekolah, dan institusi pendidikan terkait. Tujuan penelitian mencakup pemahaman tentang dampak game edukasi terhadap minat belajar siswa, pengembangan game yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Fajar Agung Setiawan
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:03
Last Modified: 30 Apr 2024 02:03
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15738

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item