SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMASANGAN DAN PENGADUAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG BERBASIS ANDROID

Anwar, Rizkillah (2024) SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMASANGAN DAN PENGADUAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (140kB)
[img] Text
halamanan persetujuaan.pdf

Download (187kB)
[img] Text
halaman persembahan (1).pdf

Download (141kB)
[img] Text
lembar pernyataan (1).pdf

Download (24kB)
[img] Text
motto (1).pdf

Download (15kB)
[img] Text
riwayat hidup (1).pdf

Download (16kB)
[img] Text
abtrack.pdf

Download (21kB)
[img] Text
kata pengantar (1).pdf

Download (93kB)
[img] Text
daftar isi (2).pdf

Download (29kB)
[img] Text
daftar tabel (2).pdf

Download (17kB)
[img] Text
daftar gambar (1).pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (85kB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau di Bandar Lampung menghadapi beberapa permasalahan yang memengaruhi efektivitas dan efisiensi layanan yang mereka berikan kepada pelanggan, terutama terkait dengan pemasangan baru dan penanganan pengaduan pelanggan. Seiring dengan itu, penanganan yang cepat dan tepat terhadap permintaan pelanggan menjadi tantangan utama, karena sistem yang sudah ada mungkin tidak cukup responsif dalam menghadapi perubahan kebutuhan. Misalnya, pengelolaan data pelanggan dan koordinasi antara berbagai unit operasional di dalam PDAM mungkin belum optimal, mengakibatkan penundaan dalam penanganan pengaduan pelanggan atau lambatnya proses pemasangan baru Untuk mengatasi tantangan tersebut, penerapan metode pengembangan sistem Extreme Programming (XP) menjadi pilihan yang tepat. XP dikenal sebagai metodologi pengembangan perangkat lunak yang menekankan kolaborasi tim yang intensif, komunikasi yang efektif, dan adaptabilitas terhadap perubahan kebutuhan dengan cepat. Tahap pertama XP adalah perencanaan (planning): Tahap ini melibatkan pemahaman terhadap kebutuhan bisnis dan pengumpulan kebutuhan sistem dengan teknik pengumpulan data. Tahap perancangan (design): Tahap ini dirancang kebutuhan fungsionalitas sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) seperti use case diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagram. Tahap pengkodean (coding): Tahap pengkodean melibatkan implementasi perancangan sistem yang telah dibuat sebelumnya ke dalam kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Tahap terakhir pengujian (testing): Pada tahap ini, dilakukan beta testing untuk mendapatkan feedback tentang aplikasi dan memastikan semua fungsional sistem dapat bekerja dengan baik dengan metode black box testing. Dari hasil pengembangan sistem informasi berbasis Android untuk layanan pemasangan dan pengaduan PDAM Way Rilau, beberapa kesimpulan dapat diambil. Proses pemasangan yang lebih cepat dan responsif diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan PDAM. Dengan aplikasi berbasis Android, pelanggan dapat dengan mudah mengajukan pengaduan, meningkatkan transparansi, dan kenyamanan dalam berinteraksi dengan PDAM. Implementasi sistem informasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses operasional dan manajemen layanan, serta membantu PDAM Way Rilau dalam mengelola pekerjaan teknisi secara lebih efisien. Kata kunci : Layanan Pemasangan dan Pengaduan, PDAM, Android, Extreme Programming, Kotlin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with email rizkillahanwar22@gmail.com
Date Deposited: 13 May 2024 02:40
Last Modified: 13 May 2024 02:40
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item