MEMPREDIKSI PRESTASI SISWA DENGAN PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RAWA LAUT

Sari, Putri Melia (2019) MEMPREDIKSI PRESTASI SISWA DENGAN PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RAWA LAUT. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (32MB)

Abstract

INTISARI MEMPREDIKSI PRESTASI SISWA DENGAN PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RAWA LAUT Oleh: Putri Melia Sari putrayms25@gmail.com Penelitian ini menghasilkan prediksi prestasi untuk siswa berprestasi studi kasus pada SD Negeri 1 Rawa Laut Bandar Lampung, dengan kriteria status ekonomi, kedisiplinan dan presensi, yang dapat membantu pihak sekolah dalam pengambilan keputusan untuk memberikan beasiswa. Prediksi sebelumnya berupa pencatatan data dan nilai siswa yang belum terkomputerisasi, sehingga dapat terjadinya redudansi dan manipulasi data prestasi akademik. Dengan menggunakan metode algoritma C4.5 melalui tahapan proses KDD (Knowledge Discovery in Data) yaitu pertama Data Selection dataset berupa record yang terdiri dari NISN, nama, status ekonomi, kedisiplinan, presensi dan prestasi, kedua Pre-Processing/Cleaning (Pemilihan Data) proses dilakukannya penghilangan kolom nilai, ketiga Transformation (Transformasi Data) menentukan range dari status ekonomi, kedisiplinan, dan presensi, ke empat Data Mining (Data Mining) menganalisis database sesuai dengan perhitungan algoritma C4.5 dengan hasil berupa pahon keputusan dan kelima Interpretation / Evaluation (Interpretasi dan Evaluasi) dari pohon keputusan informasi yang menghasilkan tabel prediksi. Sehingga sistem prediksi ini menghasilkan informasi pemberian beasiswa yang tepat sasaran. Kata kunci: Prediksi, Prestasi, Algoritma C4.5, KDD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: editor 1
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:22
Last Modified: 23 Sep 2020 07:22
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item