MOBILE EDUKASI PANCA INDERA PADA MANUSIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

SIREGAR, FAZRIANSYAH (2018) MOBILE EDUKASI PANCA INDERA PADA MANUSIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MOBILE EDUKASI PANCA INDERA PADA MANUSIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY OLEH FAZRIANSYAH SIREGAR 1211010138 Teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satu teknologi yang mengalami perkembangan tersebut adalah Smartphone Android. Dengan jumlah pengguna yang sangat besar, menjadikan smartphone sebagai media yang tepat dalam berbagi informasi dan komunikasi. Penerapan Augmented reality dalam dunia pendidikan dapat menjadi suatu edukasi yang menarik karena dalam hal ini penerapan visualisasi dan animasi 3D menjadi sesuatu hal yang baru. Media pembelajaran yang didapatkan oleh siswa pada saat ini seperti buku ataupun slide pada materi panca indera manusia tak diajarkan lebih dalam, hal ini menyebabkan menjadi kurang menariknya media ajar dengan metode tersebut. Akibatnya minat pelajar menjadi kurang untuk mencerna materi yang ada. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis augmented reality, dimana aplikasi ini dapat memberikan penjelasan tentang panca indera manusia dengan Objek 3D, Audio dan Text menggunakan teknologi Augmanted Reality. Aplikasi dibangun menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle dan perangkat lunak Unity 2017 Versi 2.10.F3 dan Blender 3d. Aplikasi ini dapat berjalan baik pada sistem operasi Android minimal versi 4.2 Jelly Bean. Untuk menginisiasi aplikasi diperlukan marker yang dapat diunduh melalui aplikasi. Kata Kunci : panca indera manusia, 3 dimensi, augmented reality.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: editor 1
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:16
Last Modified: 25 Sep 2020 02:20
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item