ANALISIS PERSEPSI PENERIMAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) PADA GURU SMP NEGERI DI KOTA METRO MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Henny Rosmayanti, Khristina and TRILOKA, JOKO (2024) ANALISIS PERSEPSI PENERIMAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) PADA GURU SMP NEGERI DI KOTA METRO MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Masters thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
TESIS Cover.pdf

Download (254kB)
[img] Text
TESIS abstrak.pdf

Download (495kB)
[img] Text
TESIS Daftar isi.pdf

Download (608kB)
[img] Text
TESIS Bab 1.pdf

Download (671kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (269kB)
[img] Text
TESIS Bab 1.pdf

Download (671kB)
[img] Text
TESIS Bab 2.pdf

Download (873kB)
[img] Text
TESIS Bab 3.pdf

Download (744kB)
[img] Text
TESIS Bab 4.pdf

Download (832kB)
[img] Text
TESIS Bab 5.pdf

Download (300kB)
[img] Text
TESIS Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)
[img] Text
TESIS Lampiran.pdf

Download (680kB)

Abstract

INTISARI ANALISIS PERSEPSI PENERIMAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) PADA GURU SMP NEGERI DI KOTA METRO MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Kasus Pada: Seluruh SMP Negeri Kota Metro) OLEH: Khristina Henny Rosmayanti 2221210021 Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh pemerintah memberikan kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan agar institusi Pendidikan tersebut terbebas dari kendala birokratisasi. Sebagai bentuk implementasi dari kebijakan tersebut pemerintah menyiapkan aplikasi yang disebut Platform Merdeka Mengajar (PMM) agar dapat membantu guru dalam memahami esensi dari kurikulum Merdeka dan akhirnya dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui persepsi penerimaan terhadap PMM pada guru di SMP Negeri di Kota Metro Provinsi Lampung dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Dari hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara variabel PEOU terhadap variabel PU yang menunjukkan bahwa semakin meningkat persepsi kemudahan dalam penggunaan PMM maka akan makin meningkat juga kebermanfaatan atas penggunaan aplikasi PMM. Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel PU terhadap variabel BIU yang menunjukkan bahwa semakin tinggi kebermanfaatan dalam penggunaan aplikasi PMM maka akan meningkatkan sikap individu terhadap penggunaan PMM. Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel viii PEOU terhadap variabel ATU yang mempunyai arti semakin tinggi persepsi atas kemudahan penggunaan Platform Merdeka Mengajar maka akan meningkatkan juga sikap individu terhadap penggunaan PMM. Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel PU terhadap variabel BIU yang mengandung arti bahwa semakin tingginya kebermanfaatan dalam penggunaan aplikasi PMM, akan meningkatkan juga niat perilaku atas penggunaan aplikasi PMM. Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel ATU terhadap variabel yang menunjukkan bahwa dengan semakin tingginya persepsi sikap individu terhadap penggunaan PMM, maka akan meningkat juga niat perilaku penggunaan PMM tersebut. Kata Kunci: Platform Merdeka Mengajar, Technology Acceptance Model(TAM)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Komputer
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with email khristinahenny@gmail.com
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:55
Last Modified: 02 Sep 2024 07:55
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/17147

Actions (login required)

View Item View Item