Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Manajemen Daerah Dengan Pendekatan End User Computing Satisfaction Dan Technology Acceptance Model (Studi Kasus: Pemerintah Daerah Pesisir Barat)

Setiawan, Hendri and Dr. Lukmanul, Hakim, S.E., M.Si (2024) Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Manajemen Daerah Dengan Pendekatan End User Computing Satisfaction Dan Technology Acceptance Model (Studi Kasus: Pemerintah Daerah Pesisir Barat). Masters thesis, IBI Darmajaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (469kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (197kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (211kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)

Abstract

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) merupakan perangkat lunak yang dikembangkan dengan tujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam membuat laporan keuangan sesuai peraturan perundang-undangan mulai dari penyusunan anggaran, penatausahaan dan pertanggungjawaban APBD. Kabupaten Pesisir Barat merupakan pemerintah daerah yang telah menggunakan SIMDA dalam membuat laporan keuangan daerahnya. SIMDA sebagai sebuah sistem informasi mengalami siklus hidup sistem. Yaitu pertama pengembangan sistem, kedua operasi, ketiga perawatan sistem. Dalam rangka memastikan keefektifan penerapan dan dampak positif serta tingkat keberhasilan dari penerapan SIMDA di kabupaten Pesisir Barat dalam menghasilkan suatu informasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan auditable, maka analisis kesuksesan terhadap SIMDA menjadi hal penting untuk dilakukan untuk mengetahui apakah sistem informasi yang ada sudah sesuai dengan kebutuhan dalam mengelola informasi daerah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan tingkat kesenjangan antara harapan dan kinerja aplikasi. Dalam membuat instrument kuesioner tingkat kepuasan pengguna mengunakan model End-User Computing Statisfanction (EUCS). EUCS menggunakan 7 variabel penliaian, diantaranya Content, Format, Accurancy, Ease of use dan Timelines. Untuk mengukur ke akuratan instrument kusioner dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan melibatkan para pakar yang memahami terkait dengan Aplikasi SIMDA. Untuk mengetahui jarak kesenjangan antara harapan dan kinerja, serta mengukur kepuasan pengguna pada Aplikasi SIMDA dengan metode Technology Acceptance Model (TAM) berdasarkan hasil dari pengolahan data kuesioner dari model End-User Computing Statisfanction (EUCS). Dari hasil perhitungan, Variabel persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, tidak berpengaruh positif terhadap persepsi untuk tetap menggunakan aplikasi SIMDA. Variabel persepsi kegunaan, dan tetap menggunakan berpengaruh positif terhadap persepsi untuk tetap menggunakan aplikasi SIMDA. Kata Kunci: Aplikasi, SIMDA, EUCS, TAM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Komputer
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: editor 1
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:39
Last Modified: 14 Oct 2024 08:39
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/18643

Actions (login required)

View Item View Item