ANALISA STRATEGI PEMASARAN LAYANAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI RS. ASY-SYIFA MEDIKA TULANG BAWANG BARAT

Ifanka, Hafidh Faresi and Wibasuri, Anggalia (2025) ANALISA STRATEGI PEMASARAN LAYANAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI RS. ASY-SYIFA MEDIKA TULANG BAWANG BARAT. Masters thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text
Halaman Pernyataan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi manajemen strategi pemasaran layanan kesehatan di RS. Asy-Syifa Medika Tulang Bawang Barat guna mengetahui dan meningkatkan daya saing di industri pelayanan kesehatan yang semakin kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi cost leadership, diferensiasi, dan fokus dalam meningkatkan daya saing rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melibatkan 5 orang narasumber dari berbagai divisi rumah sakit seperti direktur utama, staf direksi, bagian humas, divisi pelayanan medis, dan kepala desa sebagai mitra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah sakit tersebut menggunakan strategi cost leadership, diferensiasi, dan fokus untuk menarik pasien dan mempertahankan eksistensi di industri pelayanan kesehatan. Dengan inovasi layanan dan kerja sama dengan pemerintah desa, rumah sakit menciptakan model bisnis berkelanjutan. Meskipun berhasil, rumah sakit masih menghadapi tantangan seperti ketergantungan pada kerja sama desa dan tantangan persaingan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur ilmiah dan membantu rumah sakit dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk memperkuat posisi mereka dalam pasar layanan kesehatan. Kata Kunci: Strategi Generik, Rumah Sakit, Cost Leadership, Diferensiasi, Fokus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Hafidh Faresi Ifanka
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:34
Last Modified: 11 Jun 2025 01:34
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20166

Actions (login required)

View Item View Item