Kurnia Utami, Asri and Kurniawan, Hendra (2025) Penerapan Kerangka Kerja COBIT 5 Untuk Pengukuran Tata Kelola IT Terhadap Kepuasan Pelayanan Akademik ( Studi Kasus : SMA Negeri 1 Talang Padang ). Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA & BISNIS DARMAJAYA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (990kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (755kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ix INTISARI PENERAPAN KERANGKA KERJA COBIT 5 UNTUK PENGUKURAN TATA KELOLA IT TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 TALANGPADANG) Oleh : ASRI KURNIA UTAMI asrikurniau@gmail.com Penelitian ini berfokus pada penerapan kerangka kerja COBIT 5 untuk mengukur tata kelola TI di SMA Negeri 1 Talangpadang, serta dampaknya terhadap kepuasan pelayanan akademik. Dalam era digital, kualitas pelayanan akademik yang berbasis TI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan siswa dan pemangku kepentingan lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner, yang dibagikan kepada 156 siswa, 40 guru, dan 10 staf untuk mengumpulkan data terkait pengalaman mereka dengan sistem informasi akademik yang ada. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa perkembangan teknologi informasi yang pesat mempengaruhi kualitas layanan pendidikan. Metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner yang dibagikan kepada siswa, guru, dan staf, untuk mengumpulkan data mengenai pengalaman mereka terhadap sistem informasi yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kematangan tata kelola IT saat ini berada pada level "Established Process" (Proses Tetap), sementara harapan yang diinginkan berada pada level "Predictable Process" (Proses Diukur). Temuan ini mengindikasikan adanya kesenjangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik. Rekomendasi perbaikan diusulkan untuk mencapai tingkat kematangan yang lebih tinggi dan memenuhi ekspektasi pengguna, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Kata Kunci : COBIT 5, Tata Kelola TI, Kepuasan Pelayanan Akademik, Audit TI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Asri Kurnia Utami |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:15 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 06:15 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |