PERANCANGAN PERMAINAN EDUKATIF SEJARAH PERJUANGAN RADIN INTEN II MENGGUNAKAN KONSEP TOWER DEFENSE GAME BERBASIS ANDROID

Putra, Akmal Sofwan Maugi and Kurniawan, Rio (2025) PERANCANGAN PERMAINAN EDUKATIF SEJARAH PERJUANGAN RADIN INTEN II MENGGUNAKAN KONSEP TOWER DEFENSE GAME BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (473kB)
[img] Text
2. Lembar Pernyataan.pdf

Download (685kB)
[img] Text
3. Halaman Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Halaman Persembahan.pdf

Download (399kB)
[img] Text
6. Motto.pdf

Download (394kB)
[img] Text
7. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (913kB)
[img] Text
9. BAB1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
10. BAB2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB5.pdf

Download (509kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (529kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penurunan pemahaman generasi muda terhadap sejarah dan budaya lokal, khususnya perjuangan Radin Inten II, menjadi perhatian dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah merancang dan mengembangkan permainan edukatif berbasis Android dengan konsep Tower Defense sebagai media pembelajaran interaktif sejarah. Metode yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang terdiri dari enam tahap: initiation, pre-production, production, alpha testing, beta testing, dan release. Permainan dikembangkan menggunakan Unity, Visual Studio 2019, CorelDRAW X7, dan Krita. Dalam permainan ini, pemain memahami perjuangan Radin Inten II melalui strategi bertahan membangun menara, serta fitur edukatif seperti visual novel, kartu informasi, buku sejarah, dan video animasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa permainan ini efektif meningkatkan pemahaman siswa SD Negeri 30 Gedong Tataan, terbukti dari peningkatan nilai post-test dibandingkan pre-test. Permainan ini menjadi media belajar yang menarik dan menyenangkan. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya mencakup perluasan perangkat agar permainan dapat dimainkan di PC, iPhone, atau platform lain, penambahan materi dan cerita untuk memperkaya konten edukatif, serta peningkatan visual dan animasi agar tampilan permainan lebih menarik. Kata Kunci: Game Edukasi, Radin Inten II, Tower Defense, Android, GDLC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sofwan Akmal Maugi Putra
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:19
Last Modified: 12 Jun 2025 01:19
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20391

Actions (login required)

View Item View Item