Athallah, Ahmad Wildan and Amnah, Amnah (2025) Pengembangan Game Visual Novel Berbasis Cerita Rakyat Lampung Dengan Metode Research and Development Untuk Melestarikan Budaya Indonesia Melalui Media Digital. Skripsi thesis, Instutut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
Pernyataan.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (236kB) |
Abstract
ABSTRAK Pengembangan Game Visual Novel Berbasis Cerita Rakyat Lampung Dengan Metode Research and Development Untuk Melestarikan Budaya Indonesia Melalui Media Digital Oleh AHMAD WILDAN ATHALLAH 2111010023 ahmadathallah30@gmail.com Game Visual Novel adalah game yang mengutamakan penyampaian suatu cerita dalam bentuk teks narasi, dialog, dan gambaran visual yang menarik secara efektif beserta dengan interaksi terhadap pemain. Oleh karena itu, penelitian pengembangan game visual novel berbasis cerita rakyat lampung dibuatkan untuk melestarikan budaya Indonesia kepada generasi muda Indonesia melalui media digital. Cerita rakyat lampung yang digunakan dalam pengembangan game visual novel ini adalah cerita rakyat “Asal-Usul Kotabumi” dan diimplementasikan dengan program Ren’py Engine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode Research & Development (R&D) dengan enam tahapan mencakupi pengumpulan data, perancangan, pengembangan, pengujian, evaluasi, dan perilisan. Penelitian ini menghasilkan game visual novel yang bersifat edukatif dengan menampilkan cerita rakyat lampung dan memberikan pertanyaan quiz pada setiap akhir bagian cerita dan evaluasi game melalui metode blackbox menunjukkan game dapat bekerja pada berbagai perangkat android yang dapat dirilis ke media digital. Kata Kunci: Visual Novel, Cerita Rakyat Lampung, Metode R&D, Pelestarian Budaya, Media Digital
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ahmad Wildan Athallah |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:30 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:30 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/22587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |