IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN (Studi Kasus: SMP Xaverius 1 Bandar Lampung)

Sudarti, Tri and Nugroho, Handoyo Widi (2022) IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN (Studi Kasus: SMP Xaverius 1 Bandar Lampung). Skripsi thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (875kB)
[img] Text
SCAN_HALAMAN_PERSETUJUAN.pdf

Download (871kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB_5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (390kB)

Abstract

SMP Xaverius 1 Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang berada di Bandar Lampung. Setiap tahun sekolah menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru. Peserta didik yang diterima dibagi menjadi empat kelas, satu kelas adalah kelas unggulan dan tiga lainnya merupakan kelas reguler. Di kelas reguler kemampuan belajar siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Kemampuan memahami materi yang disampaikan berpengaruh terhadap pencapaian standar nilai yang ditetapkan. Bagi siswa yang memiliki kemampuan belajar baik, mudah untuk mencapai standar nilai yang ditetapkan tetapi bagi siswa yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata membutuhkan pendampingan belajar yang lebih intensif agar standar nilai terpenuhi dan juga agar siswa memiliki kesiapan mental menghadapi ujian akhir nasional. Pada kelas reguler agar guru dapat memberikan pendampingan belajar yang sesuai kebutuhan siswa, perlu mengetahui tingkat kemampuan belajar siswa. Tingkat kemampuan belajar siswa pada umumnya dapat dilihat melalui nilai raport. Dari nilai raport dapat diketahui sejauh mana kemampuan belajar siswa. Saat ini sekolah belum memiliki sebuah metode untuk mengelompokkan kemampuan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini menggunakan K-Means Clustering untuk menentukan kelompok belajar siswa berdasarkan kemampuan siswa pada mata pelajaran: Bhs. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Bhs. Inggris, yang dibagi menjadi tiga Cluster yaitu: Cluster 1 siswa dengan kemampuan belajar kurang, Cluster 2 siswa dengan kemampuan belajar cukup, dan Cluster 3 siswa dengan kemampuan belajar baik. Dengan teridentifikasi dan dikelompokannya kemampuan belajar masing-masing siswa, sekolah dapat menentukan model pendampingan belajar yang tepat untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dan pengujian hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan tool Rapidminer 9.9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Depositing User: Tri Sudarti
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:09
Last Modified: 09 Jun 2022 07:09
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/7414

Actions (login required)

View Item View Item