MUKODIMAH, SITI and NUGROHO, HANDOYO WIDI (2022) Implementasi Algoritma C4.5 Dan NAive Bayes Untuk Mengukur Efektivitas Pembelajaran Daring Di Wilayah Pringsewu. Masters thesis, IIB Darmajaya.
Text
Cover 1.pdf Download (114kB) |
|
Text
Halaman Pernyataan 2.pdf Download (103kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan 3.pdf Download (68kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan 4.pdf Download (66kB) |
|
Text
Halaman Persembahan 5.pdf Download (88kB) |
|
Text
Halaman Moto 6.pdf Download (87kB) |
|
Text
Halaman Kata Pengantar 7.pdf Download (29kB) |
|
Text
Halaman Abstrak.pdf Download (34kB) |
|
Text
Halaman Daftar Isi.pdf Download (42kB) |
|
Text
BAB 1 Siti Mukodimah.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB 2 Siti Mukodimah.pdf Download (524kB) |
|
Text
BAB 3 Siti Mukodimah.pdf Download (436kB) |
|
Text
BAB 4 Siti Mukodimah.pdf Download (856kB) |
|
Text
BAB 5 Siti Mukodimah.pdf Download (91kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memunculkan banyak inovasi baru untuk menunjang pendidikan seperti pembelajaran daring dalam proses pembelajaran ditengah pandemi Covid-19. Perubahan metode pembelajaran yang terjadi secara tiba-tiba dari metode pembelajaran konvensional atau secara langsung beralih ke metode pembelajaran jarak jauh atau menggunakan media pembelajaran daring sangat berdampak dan berpengaruh terhadap siswa yang berasal dari keluarga prasejahtera dan siswa yang berada di wilayah dimana akses internet dan infrastruktur kurang mendukung. Penelian ini bertujuan membuat sebuah model klasifikasi pengukuran efektifitas pembelajaran daring di wilayah pringsewu menggunakan metode klasifikasi. Metode klasifikasifikasi digunakan untuk menggolongkan data berdasarkan sifat data yang sudah dikenali masing-masing kelasnya. ada berbagai macam metode yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan data diantaranya metode Algoritma C4.5 dan Naive Bayes. Hasil dari penelitian yang dilakukan merupakan sebuah model klasifikasi pengukuran efektifitas pembelajaran daring di wilayah pringsewu. kelayakan model yang didapatkan didukung dengan tinggat acuracy dan class precision yang diperoleh dari kedua algoritma penguji. Tingkat acuracy 97,57% dan class precision prediksi tercapai 95,31%, sedangkan class precision prediksi tidak tercapai 98,12% untuk Algoritma C4.5, sedangkan untuk algoritma Naive Bayes dengan tingkat acuracy 98,48% dan class precision prediksi tercapai 100%, sedangkan class precision prediksi tidak tercapai 98,14%. sehingga dengan adanya model tersebut memudahkan pihak sekolah dalam menentukan kebijakan yang akan membantu meningkatkan keefektivan pembelajaran daring. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, C4.5, Naive Bayes, Pringsewu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eTheses |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknologi Informasi |
Depositing User: | MTI Siti Mukodimah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 00:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 00:06 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/7861 |
Actions (login required)
View Item |