MEMBANGUN USER MANUAL WEB DESA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKSES INFORMASI PUBLIK DESA.

gilang setiawan, Laudri and Azima Muhammad, Fauzan (2023) MEMBANGUN USER MANUAL WEB DESA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKSES INFORMASI PUBLIK DESA. Laporan PKPM thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
Cover_Laporan_PKPM_Gilang_Repo.pdf

Download (117kB)
[img] Text
ABSTRAK_PKPM_Gilang.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Lembar_Pengesahan_PKPM.pdf

Download (567kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, transparan, merupakan tantangan yang harus dijawab oleh lembaga pemerintahan dalam menjalankan fungsinya. Dengan semangat itulah Kabupaten Tanggamus akan membangun infarstruktur jaringan online sampai ke tingkat desa. Dengan sarana infrastruktur yang telah tersedia dan permasalahan administrasi dan potensi desa yang perlu mendapatkan perhatian serius, mendorong penulis untuk memamfaatkan infrastruktur yang ada dengan mengisi konten / membangun aplikasi yang bersifat e-Government. Seringnya permintaan data tentang perangkat desa dan potensi desa oleh para pimpinan instansi pemerintahan yang lebih tinggi, yang dilakukan secara manual tidak menutup kemungkinan data-data yang disampaikan kurang akurat ataupun kurang cepat, lagipula adanya potensi�potensi desa yang belum optimal serta terjadinya perubahan data-data di desa perlu mendapatkan perhatian yang serius semua pihak. Pelayanan publik merupakan kegiatan (melayani) atau suatu pemberian layanan terhadap masyarakat yang memiliki kepentingan dalam suatu intansi mengacu pada pokok pokok aturan serta prosedur yang sudah ditentukan. Berdasarkan UU No 25 tahun 2009 mengenai pelayanan publik yaitu serangkaian aktivitas dalam menyelenggarakan upaya memenuhi pelayanan yang selaras dengan aturan perundang - undanngan untuk setiap penduduk dan warga negara atas jasa, barang maupun layanan administrastif yang dipasilitasi oleh individu maupun kelompok yang menyelenggarakan pelayanan publik. Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat merupakan mata kuliah wajib, adapun masalah yang terdapat pada web desa adalah hak akses yang terbatas bagi aparatur desa yang lain dan untuk pengoprasiannya hanya bia dilakukan oleh kaur perencanaan, bila da keperluan mendadak maka harus menunggu bapak kaur perencanaan karena tidak ada hak akses untuk semua aparatur desa. Maka dari itu dibuatlah user manual berikut untuk mempermudah dalam pengoprasiannya bagi yang memiliki hak akses ke web tersebut. Pelaksanaan kegiatan PKPM kali ini dilakukan di desa Munca, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran Dalam kurun waktu 30 hari.

Item Type: Thesis (Laporan PKPM)
Subjects: Ilmu Komputer
Laporan PKPM
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Laudri Gilang Setiawan
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:03
Last Modified: 13 Sep 2023 03:03
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item