PENERAPAN ALGORITMA CLUSTERING DALAM PENENTUAN GAYA BELAJAR VARK

sigit, andriyanto and Hasibuan, M. Said (2023) PENERAPAN ALGORITMA CLUSTERING DALAM PENENTUAN GAYA BELAJAR VARK. Masters thesis, IIB Darmajaya.

[img] Text
1_Cover Luar dan Dalam.pdf

Download (52kB)
[img] Text
2_HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
3_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (856kB)
[img] Text
4_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5_HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
6_HALAMAN MOTTO.pdf

Download (29kB)
[img] Text
7_DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
8_DAFTAR TABEL.pdf

Download (295kB)
[img] Text
9_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (390kB)
[img] Text
10_KATA PENGANTAR.pdf

Download (34kB)
[img] Text
11_ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
12_ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
13_BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
14_BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
15_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16_BAB IV.pdf

Download (926kB)
[img] Text
17_BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
18_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
Official URL: http://eecsi.org/2023/

Abstract

Istilah "gaya belajar" mengacu pada pendekatan yang disukai individu untuk memperoleh pengetahuan. Fleming dan Mills memperkenalkan metode menarik yang disebut VARK (Visual, Audio, Read/Write, Kinesthetic) untuk mengamati gaya belajar. VARK telah banyak digunakan dalam berbagai penelitian untuk memahami bagaimana siswa lebih suka menerima informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengelompokan gaya belajar siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. E-learning memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang mirip dengan ruang kelas tradisional, bahkan tanpa kehadiran guru atau pendidik. Penelitian ini mengumpulkan data dari 138 mahasiswa yang menghadiri 16 pertemuan di kampus. Berdasarkan temuan dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: uji akurasi Split Validation menunjukkan bahwa algoritma K-Means memiliki nilai Davies-Bouldin Index (DBI) sebesar 0,475, algoritma X-Means memiliki nilai DBI sebesar 0,478 , dan algoritma K-Medoids memiliki nilai DBI sebesar 0,699. Algoritma K-Means memberikan hasil terbaik dengan nilai DBI sebesar 0,475 yang tergolong baik karena merupakan nilai terkecil yang diperoleh. Nilai DBI yang lebih kecil atau nilai yang mendekati nol menunjukkan cluster yang lebih akurat. Berdasarkan hasil visual, sebagian besar siswa menunjukkan preferensi terhadap gaya belajar VISUAL dan AUDIO, seperti yang direkomendasikan oleh algoritma K-Means..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Sigit Andriyanto
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:06
Last Modified: 26 Sep 2023 08:06
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item View Item