RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN FUZZY LOGIC BERBASIS MULTIMEDIA

SAPUTRA, RIDHO BINSAR (2018) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN FUZZY LOGIC BERBASIS MULTIMEDIA. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
LISTING PROGRAM.pdf

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN FUZZY LOGIC BERBASIS MULTIMEDIA Oleh RIDHO BINSAR SAPUTRA Perkembangan teknologi pada saat ini telah berkembang pesat, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan masyarakat. Mengadaptasi pada proses belajar mengajar dalam penerapan teknologi memiliki dua unsur yang sangat penting yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran. Aplikasi pembelajaran berbasis multimedia merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan bagi pelajar dalam dunia pendidikan saat ini. Karena dapat memberikan materi pelajaran secara interaktif dengan didukung berbagai aspek seperti audio, video, animasi, teks, dan grafik. Metode pengembangan perangkat lunak aplikasi pembelajaran Multimedia ini menggunakan Siklus Pengembangan Hidup. Pengembangan multimedia ini dilakukan berdasarkan sebelas tahap, yaitu mendefinisikan masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, mengetes sistem, menggunakan sistem, memelihara sistem. Aplikasi pembelajaran memberikan salah satu pilihan alternatif dalam memberikan pengetahuan tentang mata kuliah Fuzzy Logic dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis multimedia yang dapat membantu mahasiswa untuk proses belajar materi Fuzzy Logic, dibangun dengan menggunakan ActionScript2 yang terdapat pada Adobe Flash CS6 dan berbasis animasi. Sehingga aplikasi pembelajaran ini lebih menarik minat mahasiswa untuk belajar, dengan materi-materi yang dipelajari dalam perkuliahan Fuzzy Logic. Kata kunci: Aplikasi Pembelajaran, Multimedia, Fuzzy Logic

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: editor 1
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:22
Last Modified: 04 Sep 2020 03:22
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item