PENGEMBANGAN GAME 3D VIRTUAL REALITY UNTUK SOSIALISASI MITIGASI GEMPA BERBASIS ANDROID

Pratama, M Iqbal Adi (2023) PENGEMBANGAN GAME 3D VIRTUAL REALITY UNTUK SOSIALISASI MITIGASI GEMPA BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, IIB Darmajaya.

[img] Text
1. Halaman Pernyataan.pdf

Download (140kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (320kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
6. Bab I - V.pdf

Download (863kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB)
[img] Text
12. Lampiran.pdf

Download (619kB)

Abstract

Gempa bumi merupakan bencana yang sifatnya sulit diprediksi kapan dan dimana terjadinya.Gempa bumi merupakan keadaan dimana permukaan bumi bergetar akibat lepasnya energi yang berada dibawah permukaan tanah yang secara tiba tiba yang dapat diakibatkan oleh pergeseran kerak bumi atau letusan gunung berapi dengan begitu dapat terciptanya gelombang seismik. Bencana alam gempa bumi ini sangat mencemaskan warga yang terkena musibah, namun kita bisa setidaknya meminimalisir keadaan bila kita cepat dan tanggap terhadap bencana tersebut. Diperlukan juga sumber daya manusia yang mumpuni untuk menanggulangi bencana tersebut. Teknologi zaman sekarang yang sudah berkembang dengan pemanfaatan yang benar dapat menjadi salah satu solusi meminimalisir bencana yang terjadi. Teknologi infromasi telah banyak digunakan untuk mensosialisasikan cara untuk mitigasi dan evakuasi bencana dengan pemanfaatan teknologi dapat dibuatlah sebuah permainan edukasi atau game education yang digabungkan dengan virtual reality yang berbasis android. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi mengenai sosialisai mitigasi gempa bumi. Penelitian ini diupayakan dapat menambah wawasan masyarakat tentang bagaimana meminimalisir bencana gempa bumi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan literatur atau bahan kemudian perancangan desain dan penerapan desain kemudian dilakukan pungujian dan perbaikan. Pengujian dilakukan dengan metode black box testing kemudian aplikasi dapat digunakan untuk masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: M Iqbal Adi Pratama
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:27
Last Modified: 23 Nov 2023 02:27
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/14282

Actions (login required)

View Item View Item