RANCANG BANGUN APLIKASI PEMANDU WISATA MENGGUNAKAN METODE AR (AUGMENTED REALITY) BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PADA TAMAN BUKIT RAYA DESA. PUJO RAHAYU KAB. PESAWARAN)

Arif Prayoga, Arif and JOKO TRILOKA, JOKO and Yuni Arkhiansyah, S.Kom., M.Kom., Yuni and Rionaldi Ali, Rionaldi (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMANDU WISATA MENGGUNAKAN METODE AR (AUGMENTED REALITY) BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PADA TAMAN BUKIT RAYA DESA. PUJO RAHAYU KAB. PESAWARAN). Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
Hal-Pernyataan.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Hal-Persetujuan.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Hal-Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Hal-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Hal-DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Hal-BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Hal-BAB II.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Hal-BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Hal-BAB IV.pdf

Download (743kB)
[img] Text
Hal-BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Hal-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Hal-LAMPIRAN.pdf

Download (149kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pengembangan aplikasi pendidikan semakin berkembang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Salah satu bentuk aplikasi yang dapat dikembangkan adalah aplikasi pemandu wisata berbasis Android menggunakan metode Augmented Reality (AR). Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman wisata yang lebih menarik dan informatif bagi pengguna, khususnya di Taman Bukit Raya Desa Pujo Rahayu, Kabupaten Pesawaran. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi AR untuk menjelaskan objek-objek yang ada pada daerah wisata Taman Bukit Raya Desa Pujo Rahayu, Kabupaten Pesawaran. secara virtual yang ada di sekitar pengguna. Pengguna dapat melihat informasi tambahan tentang objek wisata yang mereka lihat melalui layar perangkat Android mereka. Metode AR memungkinkan pengguna untuk melihat objek wisata secara langsung di lingkungan nyata mereka, meningkatkan pengalaman wisata secara keseluruhan. Dalam pengembangan aplikasi ini, digunakan beberapa alat seperti Unity, Android Studio, Blender, Vuforia, dan Photoshop. Metode yang diterapkan adalah Marker based tracking dengan teknik multiple Marker. Objek-objek wisata yang ditampilkan dalam aplikasi telah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik Taman Bukit Raya Desa Pujo Rahayu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu mendeteksi objek-objek wisata dengan baik pada Marker yang telah di enkripsi dengan sudut tertentu. Pengujian alpha test dengan metode blackbox juga menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik, dengan 21 tombol berfungsi sesuai yang diharapkan. Aplikasi ini akan tersedia di playstore yang dapat diunduh secara gratis sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk menggunakan. Diharapkan aplikasi pemandu wisata berbasis Android ini dapat memberikan pengalaman wisata yang lebih interaktif dan informatif bagi pengguna di Taman Bukit Raya Desa Pujo Rahayu. Selain itu, aplikasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman pengunjung tentang objek-objek wisata yang ada, serta menjadi sarana promosi wisata yang efektif bagi daerah tersebut. Kata Kunci : Android, MDLC, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Arif Prayoga Arif
Date Deposited: 05 Mar 2024 09:10
Last Modified: 05 Mar 2024 09:10
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item View Item