APLIKASI PEMBELAJARAN MATAKULIAH SISTEM OPERASI BERBASIS FILM ANIMASI

Ahmad, Shoddik and Siti Nur, Laila (2024) APLIKASI PEMBELAJARAN MATAKULIAH SISTEM OPERASI BERBASIS FILM ANIMASI. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
01 Cover .pdf

Download (73kB)
[img] Text
02 Abstrak .pdf

Download (119kB)
[img] Text
03 Scan Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (767kB)
[img] Text
04 Daftar Isi .pdf

Download (75kB)
[img] Text
05 BAB 1 .pdf

Download (102kB)
[img] Text
06 BAB 2 .pdf

Download (202kB)
[img] Text
07 BAB 3 .pdf

Download (957kB)
[img] Text
08 BAB 4 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
09 BAB 5 .pdf

Download (44kB)
[img] Text
10 Daftar Pustaka .pdf

Download (111kB)
[img] Text
11 Lampitan .pdf

Download (929kB)

Abstract

Pesatnya evolusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mengubah paradigma pembelajaran di dunia pendidikan. Mata kuliah sistem operasi, sebagai bagian integral dari teknologi digital, menghadapi tantangan dalam menarik minat dan pemahaman mahasiswa melalui metode pengajaran konvensional. Untuk mengatasi hambatan ini, penelitian ini mengembangkan "aplikasi pembelajaran sistem operasi berbasis film animasi" sebagai solusi inovatif dan interaktif dengan Metode penelitian pengembangan (R&D) ialah sebuah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk dan di uji hasil penggunaannya. Tujuan utama adalah meningkatkan efektivitas pembelajaran dan kualitas pengajaran. Film animasi digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk menjelaskan konsep-konsep kompleks dalam sistem operasi. Pendekatan ini bertujuan mendalamkan pemahaman mahasiswa dan meningkatkan motivasi mereka. Fitur baru, seperti penggunaan tombol UAS dan UTS, diperkenalkan untuk menguji pemahaman secara langsung, menciptakan akses sederhana dan terintegrasi dalam proses pembelajaran dan penilaian. Algoritma pengacakan Fisher-Yates diterapkan untuk memastikan keadilan dalam urutan pertanyaan pada setiap ujian. Penelitian ini dilakukan di jurusan Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis Dharmajaya, dengan fokus pada aspek teknis pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Melalui aplikasi ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konten sistem operasi dan merasa lebih terlibat dalam pembelajaran. Penelitian ini menjadi kontribusi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan teknologi informasi di tingkat perguruan tinggi. Kata kunci— Pembelajaran Interaktif, Film Animasi, Sistem Operasi, Aplikasi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Ahmad Shoddik Katirin
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:40
Last Modified: 25 Mar 2024 00:40
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item