PENGARUH DIGITAL VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT UNTUK MEMBELI MIE GACOAN DI BANDAR LAMPUNG DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Maulana, Riko and Rahmawati, Lilla (2024) PENGARUH DIGITAL VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT UNTUK MEMBELI MIE GACOAN DI BANDAR LAMPUNG DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (207kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (788kB)

Abstract

Saat ini, persaingan sengit terjadi dunia kuliner, karena kebutuhan manusia akan makanan dan minuman tetap tinggi. Salah satunya Mie Gacoan, brand Mie Gacoan saat ini menarik perhatian masyarakat secara signifikan dan tidak luput pula dari peran influencer dan KOL (Key Opinion Leader), sehingga banyak orang berkerumun untuk mengunjungi outlet-outlet Mie Gacoan. Tingginya antusias dari masyarakat telah mengakibatkan adanya antrian di outlet Mie Gacoan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Digital Viral Marketing terhadap minat untuk membeli Mie Gacoan dengan Electronic Word of Mouth sebagai variabel intervening dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode voluntary sampling melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandar Lampung yang mengetahui Mie Gacoan sebanyak 107 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian berupa uji validitas, reliabilitas, dan analisis data dengan uji outer model dan inner model menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digital Viral Marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap Electronic Word of Mouth, variabel Digital Viral Marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat untuk membeli Mie Gacoan, variabel Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat untuk membeli Mie Gacoan, sedangkan Variabel Electronic Word of Mouth memediasi hubungan antara variabel Digital Viral Marketing terhadap Minat untuk membeli Mie Gacoan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konten-konten yang menjadi viral dan menarik banyak Electronic Word of Mouth justru berasal dari para KOL (Key Opinion Leader) dan influencerbukan dari konten-konten yang diunggah oleh perusahaan Mie Gacoan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Bisnis Digital
Depositing User: Riko Maulana
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:36
Last Modified: 04 Apr 2024 00:36
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item