Maulana, Riko and Rahmawati, Lilla (2024) PENGARUH DIGITAL VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT UNTUK MEMBELI MIE GACOAN DI BANDAR LAMPUNG DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
Text
COVER DEPAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (227kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
MOTTO.pdf Download (207kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text
PRAKATA.pdf Download (211kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (228kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (228kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (788kB) |
Abstract
Saat ini, persaingan sengit terjadi dunia kuliner, karena kebutuhan manusia akan makanan dan minuman tetap tinggi. Salah satunya Mie Gacoan, brand Mie Gacoan saat ini menarik perhatian masyarakat secara signifikan dan tidak luput pula dari peran influencer dan KOL (Key Opinion Leader), sehingga banyak orang berkerumun untuk mengunjungi outlet-outlet Mie Gacoan. Tingginya antusias dari masyarakat telah mengakibatkan adanya antrian di outlet Mie Gacoan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Digital Viral Marketing terhadap minat untuk membeli Mie Gacoan dengan Electronic Word of Mouth sebagai variabel intervening dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode voluntary sampling melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandar Lampung yang mengetahui Mie Gacoan sebanyak 107 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian berupa uji validitas, reliabilitas, dan analisis data dengan uji outer model dan inner model menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digital Viral Marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap Electronic Word of Mouth, variabel Digital Viral Marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat untuk membeli Mie Gacoan, variabel Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat untuk membeli Mie Gacoan, sedangkan Variabel Electronic Word of Mouth memediasi hubungan antara variabel Digital Viral Marketing terhadap Minat untuk membeli Mie Gacoan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konten-konten yang menjadi viral dan menarik banyak Electronic Word of Mouth justru berasal dari para KOL (Key Opinion Leader) dan influencerbukan dari konten-konten yang diunggah oleh perusahaan Mie Gacoan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Bisnis Digital |
Depositing User: | Riko Maulana |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 00:36 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 00:36 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15510 |
Actions (login required)
View Item |