RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI CABANG PARFUME CORNER MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION BY RATIO ANALYSIS (MOORA)

Muhammad Aulia Abdi, Abdi and Neni Purwati, S.Kom., M.T.I, Neni (2024) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI CABANG PARFUME CORNER MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION BY RATIO ANALYSIS (MOORA). Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (641kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (104kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, ditandai dengan banyaknya penggunaan teknologi komputer untuk kepentingan perusahaan dalam mengelola informasi. Parfum adalah cairan wewangian yang dihasilkan dari ekstrak tumbuh tumbuhan atau hewan yang digunakan untuk memberikan aroma yang wangi. Perkembangan parfum yang meningkat dan beragam jenisnya membuat sesorang kesulitan untuk menentukan pemilihan lokasi tempat penjualan parfume salah satunya pada parfume corner. Kegiatan pemasaran dan penjualan tidak hanya di Toko saja tetapi Parfume Corner juga telah menerapkan sistem penjualan melalui online, salah satu shopnya dapat dikunjungi di Shopee dengan ID parfumecornerbdl. Akan tetapi, untuk meningkatkan penjualan sistem penjualan tidak hanya dilakukan secara online saja tetapi banyak cara lainnya, salah satunya dengan membuka cabang lokasi yang tepat dan cocok untuk pemasaran produk parfume tersebut. Terdapat masalah yang dihadapi oleh owner Parfume Corner yaitu pada proses penentuan lokasi terkadang owner mengalami kendala tersendiri yaitu sulitnya dalam mempertimbangkan kemudian memilih lokasi yang benar benar mendukung untuk penjualan parfume miliknya tersebut dikarenakan pemilihan masih dilakukan secara manual. Masalah lain yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menemukan dan menentukan lokasi yang tepat untuk pemasaran menjadi sangat tidak efekif dan efisien. Berdasarkan permasalah diatas, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan pemilihan lokasi cabang secara terkomputerisasi dengan menerapkan Metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) dengan cara menentukan kriteria yang akan digunakan berdasarkan bobot yang diberikan kepada pihak toko, selanjutnya akan dilakukan penilaian dan perhitungan normalisasi secara otomatis sehingga menghasilkan kesimpulan wilayah yang layak untuk di jadikan cabang toko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Aulia Abdi Abdi
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:36
Last Modified: 03 Jun 2024 01:36
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item View Item