ANILIS KINERJA PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKA) MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 (Studi kasus SIAKAD ITBA DCC)

Eef saifullah, Siti aminah (2025) ANILIS KINERJA PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKA) MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 (Studi kasus SIAKAD ITBA DCC). Masters thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
pernyataan.pdf

Download (269kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (796kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (676kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (690kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (762kB)
[img] Text
TESIS AMINAH.JILID BAB 1 (1).pdf

Download (25kB)
[img] Text
TESIS AMINAH.JILID BAB 2.pdf

Download (223kB)
[img] Text
TESIS AMINAH.JILID BAB 3.pdf

Download (401kB)
[img] Text
TESIS AMINAH.JILID BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS AMINAH.JILID BAB 5.pdf

Download (142kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (677kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT ANALISIS KINERJA PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 (Studi Kasus SIAKAD ITBA DCC) SITI AMINAH ABSTRACT SIAKAD merupakan alat penting dalam pengelolaan data akademik di institusi pendidikan, dan kinerjanya sangat memengaruhi proses administrasi dan layanan kepada mahasiswa. Analysis Sistem Informasi Akademik (Siakad) yang digunakan berdasarkan pada Framework IT-IL V3 karna berfokus pada layanan kinerja sistem. Tahapan analysis Siakad ITBA DCC antara lain yaitu menentukan tujuan, Identifikasi layanan kinerja sistem dengan Framework, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dengan menerapkan kerangka kerja ITIL V3 berdasarkan hasil perhitungan Domain Service Operation dan Maturity Level sebagai pengukur tingkat kematangan setiap domain. Penelitian ini menghasilkan tingkat kematangan Maturity Level berada pada Level 2 (Repeateble but Intuitive) 2,0 proses prosedur pelayanan yang ada telah berkembang sedemikian rupa, namun bebelum ada pelatihan formal atau prosedur standar komunikasi yang dipakai juga pertanggung jawaban masih bersifat individual. Pada level ini, masih ketergantungan terhadap keahlian individual sehingga terjadinya kesalahan masih besar kemungkinan terjadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan, seperti responsivitas sistem dan pelatihan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja SIAKAD dan mendukung efisiensi dalam pengelolaan akademik di institusi pendidikan. Kata kunci : Metode IT-IL Version 3, Service Operation dan Maturity Level

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Komputer
Depositing User: SITI AMINAH AMINAH
Date Deposited: 09 Jan 2025 08:26
Last Modified: 09 Jan 2025 08:26
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/19152

Actions (login required)

View Item View Item