Nugraha, Nesa and Fitria, Fitria (2025) IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA SIMULASI TANGGAP BENCANA GEMPA BUMI BERBASIS VIDEO 360. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
![]() |
Text
cover-1.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan-2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan-1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Pernyataan-2.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
abstrak indo.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
abstrak translate-1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
daftar isi-1.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB 1-1.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB 2-1.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB 3-1.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB 4-1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5-1.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka-2.pdf Download (9kB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Virtual Reality Sebagai Media Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi Berbasis Video 360 Oleh : Nesa Nugraha Kondisi geografis Indonesia yang terletak di antara dua lempeng tektonik,sehingga menyebabkan sering terjadinya gempa bumi. Salah satu hal yang menyebabkan timbulnya banyak korban jiwa akibat gempa bumi adalah kurang pahamanya masyarakat mengenai respon yang harus di lakukan saat terjadinya bencana gempa bumi. Kemajuan bidang teknologi multimedia saat ini salah satunya yang disebut virtual reality (VR) dibuat dengan bentuk tiga dimensi Video 360 yang semakin mirip dengan bentuk nyata. Virtual reality didefinisikan sebagai media simulasi yang dihasilkan melalui komputer atau presentasi dari lingkungan dimana pengguna mengalami rasa kehadiran fenomenologis atau keterlibatan dalam lingkungan. Implementasi Virtual Reality Sebagai Media Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi merupakan salah satu bentuk saran yang berutujuan membantu masyarakat untuk memahami, merasakan dan apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana alam gempat. Penelitian pengembangan Media Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi menggunakan metode pengembangan multimedia. Metode ini dimulai dengan concept yaitu analisa permasalahan dan tujuan pembuatan. Kemudian membuat sebuah rancangan design yang selanjutnya akan dilakukan material collecting, assembly, testing dan distribution. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Virtual Reality Sebagai Media Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi berjalan dengan kategori sangat baik sehingga media tersebut efektif digunakan dalam pemberian pehaman pada masyrakat. Kata Kunci: Virtual Reality, Gempa Bumi, Video 360
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | editor 1 |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 08:36 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 08:36 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |