Wijayanto, Mardiana Putu and Wasilah, Wasilah (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KOPI TINDIH LAMPUNG DI KOTA METRO. Masters thesis, Institut Informastika dan Bisnis Darmajaya.
![]() |
Text
cover.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Halaman pernyataan.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Riwayat hidup.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB I BARU REVISI (2).pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB II BARU REVISI (1).pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB III BARU REVISI (1).pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB IV BARU REVISI (1).pdf Download (896kB) |
![]() |
Text
BAB V BARU REVISI (1).pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
Lampiran 1.pdf Download (951kB) |
Abstract
ABSTRAK STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KOPI TINDIH LAMPUNG DIKOTA METRO Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tumpang tindih sektor kopi di Kota Metro Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pemangku kepentingan UMKM kopi. Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM kopi di Kota Metro mempunyai potensi lebih besar untuk dikembangkan lebih lanjut. Namun mereka menghadapi berbagai tantangan terutama dalam pemasaran, pengelolaan usaha dan akses pasar. Berdasarkan hasil tersebut, tesis mengusulkan serangkaian strategi pengembangan antara lain penguatan branding lokal, peningkatan kualitas produk, pelatihan kewirausahaan dan pemanfaatan teknologi informasi. Strategi tersebut diharapkan dapat menjadi pedoman bagi UMKM kopi Kota Metro untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usahanya di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku UMKM kopi tindih. Menggunakan analisis SWOT dengan mempertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi UMKM kopi tindih, termasuk kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang dihadapi. Kata kunci : UMKM , inovasi , SWOT , Pengembangan UMKM
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen eTheses |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Putu Mardiana |
Date Deposited: | 07 May 2025 06:54 |
Last Modified: | 07 May 2025 06:54 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |