ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL PENGARUH LINGKUNGAN BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA

Sanjaya, Iman Ma'ruf and Moussadecq, Ade (2025) ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL PENGARUH LINGKUNGAN BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA. Skripsi thesis, Insititut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Halaman Orisinalitas.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Halaman Publikasi.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (408kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (326kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini membahas perancangan animasi 2 dimensi berjudul “CONTRAST” sebagai media kampanye sosial yang mengangkat isu pengaruh lingkungan terhadap pembentukan karakter remaja. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena remaja yang berada pada fase pencarian identitas dan penerimaan sosial, sehingga rentan terhadap pengaruh negatif dari lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah merancang media kampanye yang komunikatif, menarik, serta mampu menyampaikan pesan sosial secara efektif kepada remaja. Proses produksi meliputi pembuatan storyboard, desain karakter, animasi, hingga tahap uji coba melalui distribusi di media sosial (Instagram, TikTok, dan YouTube). Hasil uji coba menunjukkan bahwa animasi yang dipublikasikan memperoleh respons positif dengan capaian ribuan penayangan, jangkauan audiens baru yang luas, serta interaksi aktif berupa likes, komentar, penyimpanan, dan pembagian ulang konten. Hal ini membuktikan bahwa animasi 2 dimensi merupakan media kampanye sosial yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens, membangun hubungan emosional, serta memunculkan respons yang relevan terhadap pesan yang disampaikan. pemanfaatan media animasi 2 dimensi melalui platform digital terbukti strategis untuk menyampaikan kampanye sosial yang menarik dan relevan sehingga bisa menjangkau remaja secara luas dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Iman Ma'ruf Sanjaya
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:35
Last Modified: 06 Nov 2025 07:35
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item