IMPLEMENTASI CHATBOT BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK MEMBANTU PELAYANAN ADMINISTRASI DIGITAL MBKM DI INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA

Khocan, Ammar Ismail and Syahputri, Rahmalia (2025) IMPLEMENTASI CHATBOT BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK MEMBANTU PELAYANAN ADMINISTRASI DIGITAL MBKM DI INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Halaman_Pernyataan.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Halaman_Persetujuan.pdf

Download (664kB)
[img] Text
Halaman_Pengesahan.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Halaman_Persembahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Halaman_Motto.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Halaman_Prakata.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar_Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab_I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab_II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab_III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab_IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab_V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Kemendikbudristek yang memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi guna mengembangkan potensi secara optimal. Peningkatan partisipasi mahasiswa menimbulkan kebutuhan akan sistem informasi administrasi yang cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan membangun chatbot berbasis web sebagai layanan informasi otomatis untuk mendukung administrasi MBKM. Sistem dikembangkan menggunakan algoritma Multinomial Naïve Bayes (MNB) dengan dukungan Natural Language Processing (NLP) untuk mengklasifikasikan maksud (intent) pertanyaan pengguna. Data teks melalui tahapan pembersihan dan tokenisasi, kemudian dievaluasi menggunakan Confusion Matrix. Model mencapai akurasi pelatihan sebesar 93,62% dan akurasi pengujian sebesar 60,56%, menunjukkan adanya overfitting, namun tetap mampu mengenali pola pertanyaan dengan baik. Sistem diintegrasikan dengan Flask API dan diimplementasikan pada antarmuka web yang memuat informasi MBKM serta fitur chatbot interaktif. Hasil pengujian menunjukkan chatbot berfungsi efektif dalam memberikan layanan informasi secara cepat dan akurat, serta berpotensi meningkatkan efisiensi administrasi digital di lingkungan perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Ammar Ismail Khocan
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:32
Last Modified: 04 Dec 2025 04:32
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23136

Actions (login required)

View Item View Item