PENGARUH PENDIDIKAN GURU PENGGERAK, KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENGGERAK DENGAN MODERASI MOTIVASI KERJA PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Roniansyah, Roniansyah and Sanusi, Anuar (2025) PENGARUH PENDIDIKAN GURU PENGGERAK, KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENGGERAK DENGAN MODERASI MOTIVASI KERJA PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVERRR (2).pdf

Download (168kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN TESIS_RONIANSYAH.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN TESIS_RONIANSYAH.pdf

Download (162kB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS RONIANSYAH_ok ok.pdf

Download (86kB)
[img] Text
TESIS RONIANSYAH_DAFTAR ISI_OK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
TESIS BAB I_RONIANSYAH_PERBAIKAN PASCA TESIS.pdf

Download (264kB)
[img] Text
TESIS BAB II_RONIANSYAH_PERBAIKAN PASCA TESIS.pdf

Download (670kB)
[img] Text
TESIS BAB III_RONIANSYAH_PERBAIKAN PASCA TESIS.pdf

Download (571kB)
[img] Text
TESIS BAB IV RONIANSYAH_PERBAIKAN PASCA TESIS_OK JADI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
TESIS BAB VRONIANSYAH_PERBAIKAN PASCA TESIS_OK JADI-.pdf

Download (10kB)
[img] Text
TESIS DAFTAR PUSTAKA RONIANSYAH_OK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (779kB)

Abstract

Transformasi pendidikan di Indonesia diwujudkan melalui Program Pendidikan Guru Penggerak yang diluncurkan Kemdikbudristek pada 2020. Program ini bertujuan membekali guru dengan kompetensi kepemimpinan pedagogis, motivasi, dan disiplin kerja agar mampu memimpin perubahan di sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan guru penggerak, kepemimpinan, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru penggerak dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 122 guru penggerak di Kota Bandar Lampung dan sampel 100 responden yang ditentukan melalui rumus Slovin. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, regresi, dan uji moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendidikan guru penggerak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (t = 4,534; sig. 0,000 < 0,05); (2) kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan (t = 0,933; sig. 0,353 > 0,05); (3) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan (t = 2,880; sig. 0,005 < 0,05); (4) motivasi kerja memperkuat hubungan pendidikan guru penggerak, kepemimpinan, dan disiplin kerja terhadap kinerja, dengan koefisien regresi tertinggi 0,371 (sig. 0,000 < 0,05) dan beta standar 0,566. Secara simultan, keempat variabel berkontribusi meningkatkan kinerja guru penggerak, ditunjukkan oleh nilai uji F 17,896 (sig. 0,000 < 0,05) dan koefisien determinasi (R²) 0,565. Hal ini membuktikan bahwa 56,5% variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh model, sedangkan 43,5% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Kata Kunci: pendidikan guru penggerak, kepemimpinan, disiplin kerja, motivasi kerja, kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Roniansyah Roniansyah
Date Deposited: 16 Dec 2025 04:22
Last Modified: 16 Dec 2025 04:22
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item View Item