Adi Pratama, Eko (2018) PENGENBANGAN POTENSI EKONOMI “RENGGINANG” DESA SUKAMANDI KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Laporan PKPM thesis, IBI Darmajaya.
Text
1. COVER.pdf Download (92kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
4. RINGKASAN.pdf Download (25kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh IIB Darmajaya. Kegiatan ini bersifat kegiatan sosial lebih detailnya yaitu membantu pengembangan potensi Desa dengan cara mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah PKPM di tempatkan di beberapa Desa. Dalam kesempatan ini Kelompok sembilan di tempatkan di Desa Sukamandi, Kec. Way Lima, Kab. Pesawaran. Kegiatan Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) ini dilakukan selama dua puluh delapan hari sejak tanggal 09 Agustus 2018. Potensi usaha yang terdapat di Desa Sukamandi itu sendiri yaitu usaha Rengginang. Namun terdapat beberapa masalah yang dialami oleh kelompok Ibu-ibu pemroduksi Renggingang diantaranya kurangnya pengetahuan tentang pembukuan keuangan dalam usaha, kesulitan dalam pemasaran produk. Dalam menanggapi masalah-masalah yang dialami oleh kelompok Ibu-ibu pemroduksi rengginang ada beberapa upaya yang kami lakukan, yaitu dengan memberikan pelatihan tentang sistem pencatatan keuangan mulai dari perencanaan anggaran modal usaha, perhitungan keuntungan dalam setiap produksi, serta pengelolaan uang masuk dan uang keluar yang baik. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh Ibu-ibu kelompok tersebut karena kecenderungan pengusaha Rengginang di Desa Sukamandi masih belum menerapkan sistem pencatatan tersebut sehingga uang hasil usaha tidak terkontrol dengan baik dikarenakan tercampur dengan uang belanja seharihari dan mereka tidak menghitung keuantungan yang didapat setiap kali produksi. Upaya pemecahan masalah selanjutnya yaitu untuk membantu pemasaran produk pertama kami mengajarkan untuk mendesain merk dan kemasan terlebih dahulu karena apabila kemasan yang digunakan menarik, secara otomatis calon konsumen akan tertarik untuk membeli. Setelah itu barulah kami buatkan webside dan media sosial lainnya untuk memasarkan produk Rengginang KWT Anggrek serta kami ajarkan langsung cara pengembangan promosi dengan webside dan media sosial yang telah kami buatkan.
Item Type: | Thesis (Laporan PKPM) |
---|---|
Subjects: | Laporan PKPM |
Depositing User: | editor 1 |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 01:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 01:26 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/3766 |
Actions (login required)
View Item |