EFEECT RAMADHAN TERHADAP REAKSI PASAR

SAPUTRA, RENDY IFAN (2020) EFEECT RAMADHAN TERHADAP REAKSI PASAR. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena Ramadhan Effect merupakan sebuah anomali musiman yaitu dimana terdapat sesuatu yang dapat mempengaruhi faktor psikologi investor sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan. Fenomena ini biasanya ditunjukkan dengan adanya return yang lebih tinggi atau lebih rendah pada bulan Ramadhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberadaan fenomena Ramadhan Effect pada return di Jakarta Islamic Indeks (JII) dan FTSE Bursa Malaysia Hijrah Syariah (FBMHS). Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu seperti data runtun waktu (time series) dengan skala harian yang berasal dari harga penutupan. Sedangkan sample penelitian yang digunakan yaitu adalah indeks Jakarta Islamic indeks (JII) dan FTSE Bursa Malaysia Hijrah Syariah (FBMHS), dengan periode mulai dari Januari 2017 sampai dengan Desember 2019. Dengan menggunakan metode yaitu adalah OLS dan GARCH, hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapatnya fenomena Ramadhan Effect pada persamaan return di Jakarta Islamic Indeks (JII) dan FTSE Bursa Malaysia Hijrah Syariah (FBMHS). Tidak adanya pengaruh Ramadhan Effect terhadap return disebabkan stabilnya indeks Jakarta Islamic Indeks (JII) dan FTSE Bursa Malaysia Hijrah Syariah (FBMHS), selama bulan Ramadhan maupun bulan-bulan lainnya. Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa Ramadhan tidak memiliki hubungan yang signifikan pada return dan volume pada perdagangan Bursa Efek Dhaka(DSE) selama 1 Januari 2002 sampai 30 Agustus 2018 (Hassan, 2019). Dan penelitian selanjutnya yaitu (ALA wadhi, 2019) menyatakan bahwa pada Gulf Cooperation Council (GCC) negara-negara yang ditandai dengan religius yang tinggi dan jelas aturan agamanya yang jelas tentang investasi, bahwa tidak menemukan perubahan yang signifikan dalam return absolut selama bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Kata Kunci : Fenomena Ramadhan Effect, Return, GARCH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: mardi mardi mardi
Date Deposited: 18 Sep 2020 06:38
Last Modified: 18 Sep 2020 06:44
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item