Agung Setiawan, Fajar and Ochi, Marshella Febriani (2024) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATEMATIKA DAN TIK BERBASIS MOBILE ANDROID STUDI KASUS SMPN 1 LIMAU. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
This is the latest version of this item.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (315kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (529kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (585kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (747kB) |
Abstract
Pendidikan dan teknologi menjadi poin penting dalam pengembangan individu dan masyarakat. Di SMPN 1 Limau, Kurikulum Merdeka memperkuat pembelajaran matematika dan TIK. Namun, keterbatasan akses ke lab komputer dan ketidaksesuaian materi pembelajaran menciptakan tantangan. Solusinya adalah pengembangan game edukasi berbasis Android. Penggunaan game tersebut diharapkan dapat merangsang minat belajar siswa, memperkaya pengalaman belajar, dan mendukung kurikulum. Metode yang digunakan adalah Extreme Programming dengan alat UML seperti use case diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagram. Database yang digunakan adalah Firebase. Tahapan pengembangannya mencakup perencanaan, desain, pengkodean, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis Android berpotensi meningkatkan minat belajar siswa, mengintegrasikan pembelajaran dengan kurikulum sekolah, dan memberikan manfaat bagi pengembang, sekolah, dan institusi pendidikan terkait. Tujuan penelitian mencakup pemahaman tentang dampak game edukasi terhadap minat belajar siswa, pengembangan game yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Fajar Agung Setiawan |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:15 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:15 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16304 |
Available Versions of this Item
-
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATEMATIKA DAN TIK BERBASIS MOBILE ANDROID STUDI KASUS SMPN 1 LIMAU. (deposited 30 Apr 2024 02:03)
- RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATEMATIKA DAN TIK BERBASIS MOBILE ANDROID STUDI KASUS SMPN 1 LIMAU. (deposited 03 Jun 2024 01:15) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |