SENTIMENT ANALYSIS PENGGUNA TIKTOK TERHADAP PARIWISATA LAMPUNG DENGAN PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Saputri, Hanni and Prof.Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si, Prof.Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si (2024) SENTIMENT ANALYSIS PENGGUNA TIKTOK TERHADAP PARIWISATA LAMPUNG DENGAN PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTARR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRANNN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pariwisata saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, banyak sekali destinasi wisata terutama di Provinsi lampung menjadi sasaran para wisatawan. Para wisatawan biasanya mencari referensi wisata melalui ulasan destinasi wisata secara online, media social saat ini menjadi wadah untuk para wisatawan mencari informasi dengan mudah. Pada sektor wisata dalam pengambilan keputusan dari media social mengalami peningkatan dan memiliki potensi yang besar sebagai sarana promosi dengan menampilkan foto yang menarik, seperti keindahan yang ada di tempat wisata tersebut, terutama tiktok yang beberapa tahun belakangan ini menjadi sarana untuk mencari informasi dengan mudah, banyak sekali content creator yang membuat video tiktok terkait dengan pariwisata yang ada di Lampung, dan juga menuai banyak pro dan kontra terhadap Pariwisata yang ada di provinsi Lampung. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis komentar para pengguna Tiktok yang terdapat pada video tiktok tentang pariwisata Lampung untuk menghasilkan informasi terkait Pariwisata Lampung. Metode yang akan peneliti gunakan yaitu metode Naïve Bayes yang kemudian di olah menggunakan Tools Google Collab. Hasil dari penelitian ini yaitu mendapatkan komentar terbanyak yaitu Netral dengan nilai akurasi tertinggi sebanyak 76 % yang sudah masuk ke dalam uji validasi. Kata Kunci : Sentiment Analysis, Naïve Bayes, Tiktok, Pariwisata Lampung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: hanni sa putri
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:30
Last Modified: 03 Jun 2024 01:30
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16312

Actions (login required)

View Item View Item