PREDIKSI KEBERHASILAN SISWA MELALUI PENINGKATAN KUALITAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

Chairani, Chairani (2024) PREDIKSI KEBERHASILAN SISWA MELALUI PENINGKATAN KUALITAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5. PREDIKSI KEBERHASILAN SISWA MELALUI PENINGKATAN KUALITAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5. ISSN P-ISSN:1693-3877 / E-ISSN: 2407-1544

[img] Text
JURNAL Pancatma Hesthi Kawuri_Naskah.pdf

Download (311kB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memprediksi keberhasilan siswa melalui peningkatan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan algoritma C4.5. Dengan menggunakan dataset yang relevan, penelitian ini mengimplementasikan algoritma C4.5 untuk menghasilkan prediksi yang akurat terkait keberhasilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat akurasi sebesar 93,67%, dengan precision mencapai 91,86%, dan recall/confusion matrix sebesar 89,66%. Selain itu, Area Under Curve (AUC) yang dihasilkan mencapai 0,986, menunjukkan kualitas prediksi yang tinggi. Dengan menggunakan metode ini, penyempurnaan rencana pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan siswa. Kata kunci: Prediksi keberhasilan siswa, kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran, algoritma C4.5, akurasi, precision, recall, AUC.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Komputer
Divisions: Artikel Ilmiah Dosen > Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Pancatma Hesthi Kawuri
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:55
Last Modified: 29 Jul 2024 08:55
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item