SONYA, SHABRINA PUTRI and RAFIQ, MUHAMMAD (2024) PENGELOLAAN DESAIN LOGO PADA UMKM DONAT AQILA DESA PASAR BARU KECAMATAN KEDONDONG. Laporan PKPM thesis, Institut Informatika dan Bisnia Darmajaya.
Text
COVER.pdf Download (93kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (80kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) |
|
Text
BAB1.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (456kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRACT MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) are one of the pillars of the Indonesian economy as they contribute significantly to job creation and economic growth. This was proven when Indonesia was able to face the economic crisis in 1997/1998. Many large companies that were expected to survive at that time failed. MSMEs as a small community economic sector with local scale, local resources and simple production processes whose products are sold locally have been able to keep MSMEs moving amidst the crisis. This condition indicates that MSMEs have better resilience to crises, which is possible because MSMEs are characterized by an organizational structure and MSME workforce that is more flexible in adjusting to market changes. The method used by the Service Team is starting with socialization explaining how to increase productivity and quality in product development, how to make financial reports, how to create social media, how to create logo desgins, and how to improve online product marketing. Keywords— MSMEs, WEBSITE, TECHNOLOGICAL, FINANCIAL REPORT, MARKETING ABSTRAK UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah salah satu penopang perekonomian Indonesia karena memberikan kontribusi signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini terbukti ketika Indonesia mampu menghadapi krisis ekonomi tahun 1997/1998. Perusahaan-perusahaan besar yang diharapkan mampu bertahan ketika itu, ternyata banyak yang gagal. UMKM-lah sebagai sektor ekonomi masyarakat kecil dengan skala lokal, sumber daya lokal dan proses produksi sederhana yang produknya dijual secara lokal telah mampu membuat UMKM mampu tetap bergerak di tengah terpaan krisis. Kondisi ini mengindikasikan bahwa UMKM memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap krisis, yang dimungkinkan karena UMKM memiliki ciri struktur organisasi dan tenaga kerja UMKM yang lebih fleksibel dalam menyesuaikan dengan perubahan pasar. Metode yang Tim Pengabdi lakukan yaitu dimulai dengan sosialisasi menjelaskan bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan kualitas pada pengembangan produk, cara membuat laporan keuangan, cara membuat sosial media, cara membuat design logo, dan cara meningkatkan pemasaran produk secara online. Kata Kunci—UMKM, WEBSITE, TEKNOLOGI, LAPORAN KEUANGAN, PEMASARAN
Item Type: | Thesis (Laporan PKPM) |
---|---|
Subjects: | Laporan PKPM 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | shabrina putri sonya |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:27 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/17254 |
Actions (login required)
View Item |