PERANCANGAN ANIMASI EXPLAINER SOSIAL MEDIA KAMPANYE SOSIAL FENOMENA FOMO DI KALANGAN GEN Z KARENA FAKTOR DAMPAK SOSIAL MEDIA

Dara, Faradila Dwi Putri and Moussadecq, Ade (2025) PERANCANGAN ANIMASI EXPLAINER SOSIAL MEDIA KAMPANYE SOSIAL FENOMENA FOMO DI KALANGAN GEN Z KARENA FAKTOR DAMPAK SOSIAL MEDIA. Skripsi thesis, Institut Informatika & Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER SKRIPSI DARAFARADILA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
ORISINALITAS.pdf

Download (286kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (528kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (423kB)
[img] Text
HALAMAN PUBLIKASI.pdf

Download (469kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (507kB)

Abstract

ABSTRAK “PERANCANGAN ANIMASI EXPLAINER SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL FENOMENA FOMO DI KALANGAN GEN Z KARENA FAKTOR DAMPAK SOSIAL MEDIA” Oleh : Dara Faradila Dwi Putri email : darafdp.2111070008@mail.darmajaya.ac.id Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) menjadi salah satu permasalahan psikologis yang banyak dialami oleh Generasi Z akibat tingginya intensitas penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk merancang animasi explainer berjudul “Terhubung Tanpa Cemas” sebagai media kampanye sosial edukatif yang mengajak Gen Z memahami dampak negatif FoMO dan membangun hubungan digital yang lebih sehat. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan utama, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Media utama berupa animasi dipublikasikan melalui sosial media akun Instagram pribadi penulis, didukung media pendukung seperti poster, banner, dan stiker untuk memperluas jangkauan pesan. Hasil uji coba menunjukkan animasi ini efektif menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran audiens terhadap isu FoMO, terlihat dari tingginya interaksi dan partisipasi pengguna. Desain visual yang komunikatif, gaya playful, dan narasi ringan membantu memperkuat pesan kampanye sesuai gaya gen Z. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya adalah memperluas distribusi melalui berbagai platform digital agar pesan edukatif dan dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Kata kunci: Animasi Explainer, FoMO, Fear of Missing Out, Kampanye Sosial, Gen Z, Media Sosial, Edukasi Digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dara Faradila Dwi Putri Putri
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:18
Last Modified: 04 Dec 2025 02:18
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23312

Actions (login required)

View Item View Item