ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI GRABBIKE DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Prastowo, Giri (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI GRABBIKE DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI GRABBIKE DI KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Giri Prastowo ABSTRAK Perkembangan teknologi sangat penting dijaman sekarang, karena teknologi adalah salah satu penunjang perkembangan manusia. Perkembangan teknologi ini dimanfaatkan oleh banyak perusahaan dengan mendirikan usaha-usaha berbasis online. Salah satu usaha berbasis online yang sedang berkembang saat ini adalah bisnis jasa transportasi dengan sepeda motor atau yang biasa disebut dengan ojek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa besar pengaruh faktor sosial, marketing activity, dan faktor personal terhadap proses pengambilan keputusan konsumen Grabbike di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatannya kuantitatif dengan model Explanatory research. Variabel independent yaitu faktor sosial (X1), faktor marketing activity (X2), dan faktor personal (X3) yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pelanggan Grabbike (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Bandar Lampung yang menggunakan jasa Grabbike. Sampel adalah sebagian untuk diambil dari keseluruhan obyek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi yang berjumlah 96 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan faktor social, marketing activity, dan faktor personal secara gabungan mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Besarnya pengaruh ialah 25,7%. Besarnya pengaruh faktor lain diluar model regresi trsebut dihitung dengan rumus: 1-r2 atau 1-0,257 = 0,743atau sebesar 74,3%. Diharapkan Pihak Grabbike mempertahankan kualitas pelayanan driver serta mempertahankan kualitas fasilitas pendukung seperti kelengkapan dan kebersihan jacket, helm serta jas hujan sebagai identitas jasa transportasi Grabbike. Kemudian disarankan Grabbike dapat terus mengupgrade dan memperbaharui aplikasinya agar dapat memberi layanan yang cepat dan memuaskan bagi konsumen. Pihak Grabbike juga perlu meningkatkan jumlah Grabbike sehingga dapat menyebar merata di setiap kecamatan di Bandar Lampung. Kata Kunci : Faktor Sosial, Marketing Activity, Faktor Personal, Grabbike

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:41
Last Modified: 09 Oct 2019 01:41
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item