ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI LAYANAN PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN (STNK) DAN PERGANTIAN PLAT KENDARAAN (STUDI KASUS : SAMSAT GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH)

SAPUTRA, ARI DARMA (2017) ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI LAYANAN PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN (STNK) DAN PERGANTIAN PLAT KENDARAAN (STUDI KASUS : SAMSAT GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH). Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
lampiran ari.pdf

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI LAYANAN PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN (STNK) DAN PERGANTIAN PLAT KENDARAAN (STUDI KASUS : SAMSAT GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH) Oleh : Ari Darma Saputra 1211050027 Pada proses kerja perpanjangan STNK dan penggantian plat kendaraan pada SAMSAT Gunung Sugih sudah menerapkan sistem aplikasi khusus untuk mengelola kegiatan administrasinya. Namun sistem tersebut masih membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memproses kegiatan administrasi. Dikarenakan banyaknya kendaraan yang berada dikabupaten lampung tengah khususnya, volume kendaraan baru maupun kendaraan mutasi dari luar daerah masuk ke Lampung Tengah. Diperlukan adanya analisis terhadap tata kelola teknologi informasi pada SAMSAT Gunung Sugih untuk mengetahui seberapa baikkah sistem informasi yang telah digunakan. Metode yang digunakan untuk mengetahui permasalahan adalah framework COBIT 4.1 yang memiliki 4 tahapan, yaitu tahapan perencanaan, pemeriksaan lapangan, pelaporan, dan tindak lanjut. Sedangkan software pendukung untuk pembuatan program analisis tata kelola teknologi informasi menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans, database engine-nya menggunakan Mysql, dan report generator-nya menggunakan Ireport. Dari hasil analisa kesenjangan diperoleh maturity level saat ini pada proses PO8, DS1, dan DS10 berada pada level 3 sedangkan DS11 berada pada level 4. Nilai kesenjangan tertinggi pada hasil kuesioner manajemen berada pada aktivitas DS10.3 dengan nilai sebesar 1,571 yang berarti bahwa masih kurangnya konfirmasi dalam hal pemberian solusi pemecahan masalah kepada wajib pajak. Sedangkan nilai kesenjangan tertinggi pada hasil kuesioner user berada pada pada aktivitas DS10.1 dan DS11.3 dengan nilai sebesar 1,76 yang berarti bahwa pelaporan masalah yang terjadi pada layanan belum ditanggapi dengan cepat dan wajib pajak masih harus mengurus berkas pajak ketika pindah loket. Kata kunci: Tata Kelola, Perpanjangan STNK, Dan Pergantian Plat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:38
Last Modified: 17 Oct 2019 07:38
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item