Market Basket Analysis Pada Data Transaksi Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: CV. Dian Abadi Jaya)

Rizkyandi, Akbar and Karnila, Sri (2021) Market Basket Analysis Pada Data Transaksi Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: CV. Dian Abadi Jaya). Skripsi thesis, IIB Darmajaya.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2_HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (31kB)
[img] Text
6_HALAMAN MOTTO.pdf

Download (67kB)
[img] Text
7_HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
8_INTISARI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
9_ABSTRACT.pdf

Download (31kB)
[img] Text
10_KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB)
[img] Text
11_DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
12_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37kB)
[img] Text
13_DAFTAR TABEL.pdf

Download (33kB)
[img] Text
14_BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
15_BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
16_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17_Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18_BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
19_Lampiran.pdf

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan pola penjualan yang dilakukan oleh bengkel CV. Dian Abadi Jaya dengan menggunakan algoritma apriori melalui kumpulan data transaksi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan, dan merancang aplikasi yang dapat membantu perusahaan dalam mencari informasi pola penjualan dengan perangkat mobile android. Subyek penelitian adalah record transaksi keranjang belanja pada transaksi penjualan suku cadang kendaraan dan transaksi jasa perbaikan kendaraan yang dilakukan oleh pelanggan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi dengan pihak perusahaan, dan telah didapat data sebanyak 1160 record transaksi penjualan suku cadang dan jasa perbaikan dengan atribut sebanyak 35 atribut. Teknik pembuatan aplikasi menggunakan tahapan Rapid Application Development (RAD) dengan bahasa pemrograman kotlin. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu minimal frequent itemset sebesar 20 transaksi dengan kriteria support sebesar 1,7%, nilai confidence sebesar 40% dan nilai lift ratio diatas 1. Hasil penelitian menghasilkan 9 hubungan pola penjualan dengan confidence tertinggi 100%. Hasil yang telah didapat diharapkan dapat membantu bengkel CV. Dian Abadi Jaya dalam mengambil keputusan untuk penjualan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Akbar Rizkyandi
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:36
Last Modified: 13 Jul 2022 08:36
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

View Item View Item