Hadi, Antonius Satria (2022) INVESTIGASI PERAN PENCITRAAN MEREK INTERNAL TERHADAP KOMITMEN MEREK: SEBUAH MODEL KONSEPTUAL. Jurnal Bisnis Darmajaya, 08 (01).
Text
2.pdf Download (342kB) |
Abstract
This study aims to analyze whether internal branding practices in service organizations broadly affect employees and their behavior towards the organization. Another objective of this conceptual article is to provide an alternative framework for the internal branding dimensions and their effects on brand commitment. Internal branding dimensions consist of internal communication satisfaction, exposure to customer and market information, brand leadership, brand training, and work environment. There are five hypotheses proposed by the researcher in this conceptual article. This article suggests further research to test it empirically by collecting data from respondents who are employees of a company with a well-known service brand and analyzed using linear regression analysis, F test and t test. Keywords — internal branding, brand commitment, service companies, organizational behavior, consumer behavior ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah praktik pencitraan merek internal dalam organisasi jasa secara luas mempengaruhi karyawan dan perilaku mereka terhadap organisasi. Tujuan lain dari artikel konseptual ini adalah untuk memberikan kerangka kerja alternatif untuk dimensi pencitraan merek internal dan pengaruhnya terhadap komitmen merek. Dimensi pencitraan merek internal terdiri dari kepuasan komunikasi internal, paparan informasi pelanggan dan pasar, kepemimpinan merek, pelatihan merek, dan lingkungan kerja. Ada lima hipotesis yang diajukan oleh peneliti dalam artikel konseptual ini. Artikel ini menyarankan penelitian selanjutnya untuk mengujinya secara empiris dengan mengumpulkan data dari responden yang berstatus sebagai karyawan dari sebuah perusahaan dengan merek jasa terkenal dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier, uji F dan uji t. Kata Kunci — pencitraan merek internal, komitmen merek, perusahaan jasa, perilaku organisasi, perilaku konsumen 1. PENDAHULUAN Semakin banyak organisasi jasa yang mengadopsi praktik pencitraan merek internal untuk meningkatkan pemahaman karyawan tentang janji merek dan mengurangi kesenjangan antara janji merek dan penyampaiannya (Boukis et al., 2021). Pertanyaan kuncinya adalah apakah dengan menerapkan praktik pencitraan merek internal memengaruhi komitmen merek karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah praktik pencitraan merek internal dalam organisasi jasa secara luas mempengaruhi karyawan dan perilaku I
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Jurnal > Jurnal Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Shela Safitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 02:46 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 04:45 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/7810 |
Actions (login required)
View Item |