PERANGKAT LUNAK GAME EDUKASI PENGENALAN IIB DARMAJAYA MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE

ADI, DAMAR HARDYAN and JOKO TRILOKA, JOKO (2022) PERANGKAT LUNAK GAME EDUKASI PENGENALAN IIB DARMAJAYA MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. Skripsi thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
0. Cover.pdf

Download (229kB)
[img] Text
1. Halaman Pernyataan.pdf

Download (321kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan.pdf

Download (849kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (897kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Lampiran Game Design Document.pdf

Download (542kB)

Abstract

Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya mampu menyerap sejumlah kurang lebih 1200 mahasiswa di setiap tahunnya. Namun, pengenalan kampus sedikit mengalami tantangan yang baru karena wabah Coronavirus (COVID-19) mulai masuk ke Indonesia. Maka semua kegiatan tatap muka telah dibatasi dan beralih ke media online. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti bermaksud mengembangkan sebuah aplikasi Game edukasi sebagai media informasi yang lebih interaktif. Game Development Life Cycle merupakan metode pemrosesan pengembangan Game dimulai dari awal hingga akhir. GDLC menggunakan pendekatan bertahap untuk melakukan analisa dan membangun Game menggunakan siklus yang spesifik dan lebih kompleks. Dari hasil survei 30 mahasiswa didapatkan bahwa : 83,3% Mahasiswa mengetahui seluruh bagian gedung di kampus dan 16,7% mahasiswa hanya mengetahui sebagian. Metode GDLC sangat cocok digunakan dalam mengembangkan perangkat lunak game edukasi pengenalan IIB Darmajaya ini, sebab cycle yang dilakukan sangat memudahkan dalam pengembangan. Menambahkan penggunaan animasi bergerak dan pemain dapat masuk ke dalam gedung yang di perkenalkan, minimal ruang terdepan dari setiap gedungnya. Kata Kunci: Pengenalan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Game Development Life Cyle, Game edukasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: S.Kom Damar Hardyan Adi
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:56
Last Modified: 01 Mar 2023 06:56
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item