ANALISIS POSITIONING MARKETPLACE DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDS (Multidimensional Scalling) DI LAMPUNG (Studi Tokopedia, Shope, Bukalapak, Lazada)

Dwi Hafidzah, Nadya and Paramitasari, Niken (2023) ANALISIS POSITIONING MARKETPLACE DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDS (Multidimensional Scalling) DI LAMPUNG (Studi Tokopedia, Shope, Bukalapak, Lazada). Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis positioning Marketplace yang terdiri dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada berdasarkan persepsi pengguna Marketplace tersebut di Lampung. Persepsi pengguna Marketplace didasari pada atribut yaitu Kepercayaan, Mudah Digunakan, Kualitas Informasi, Layanan Konsumen, Proses Kontrol, Desain Aplikasi, Kualitas Hasil, Keandalan, Responsif, dan Personalisasi. Analisis data menggunakan metode MDS (Multidimensional Scalling) dengan mengambil 100 responden di Provinsi Lampung dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian di keempat Marketplace. Berdasarkan hasil analisis persepsi pengguna Marketplace yang dibandingkan di Lampung, terdapat tiga Marketplace yang nilai atributnya tertinggi di persepsi pengguna yaitu pertama Tokopedia memiliki penilaian positioning di atribut Kepercayaan, Kualitas Informasi, Layanan Konsumen, Proses Kontrol, Keandalan, Responsif; kedua Shopee memiliki penilaian positioning di atribut Mudah Digunakan, Kualitas Hasil, Personalisasi; dan ketiga Lazada memiliki penilaian positioning di atribut Desain Aplikasi. Sedangkan Bukalapak tidak memiliki penilaian positioning di persepsi pengguna Marketplace di Lampung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Bahan Ajar > Buku
Depositing User: Nadya Dwi Hafidzah
Date Deposited: 05 May 2023 07:56
Last Modified: 05 May 2023 07:56
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/11723

Actions (login required)

View Item View Item