RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAERAH LAMPUNG BERBASIS MOBILE (Studi Kasus SDN 2 Sidosari Lampung Selatan)

OKTAVIANI, ERNI and SURYADI KARIM, ARMAN (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAERAH LAMPUNG BERBASIS MOBILE (Studi Kasus SDN 2 Sidosari Lampung Selatan). Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
INTISARI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (464kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lampung merupakan provinsi yang strategis karena menjadi pintu gerbang pulau Sumatera, yang mempunyai beraneka ragam suku, adat istiadat dan budaya. Budaya daerah menjadi suatu identitas pribadi ataupun ciri khas dari suatu kelompok masyarakat secara turun temurun. Untuk itu budaya daerah harus dilestarikan agar tidak punah begitu saja. Dalam meningkatkan ketertarikan anak untuk mempelajari budaya daerah sekaligus mengenalkan pada khalayak umum, yaitu dengan adanya game edukasi pengenalan budaya daerah Lampung. Game edukasi ini sebagai sarana yang digunakan untuk memperkenalkan budaya, dengan cara menarik di era perkembangan teknologi saat ini. Sehingga peneliti tertarik mengangkat penelitian skripsi dalam pengembangan game Marbel (Mari Belajar) Budaya Daerah Lampung. Dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall, yang terdiri dari 5 fase tahapan : tahap perencanaan, analisis, perancangan (rancangan input output, alur proses sistem dan rancangan data dengan Localstorage), pengkodean, dan tahap implementasi. Aplikasi yang digunakan dalam pengembangan game tersebut adalah Construct 2 dan didukung dengan aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk desain aplikasi salah satunya Adobe Photoshop. Pada aplikasi Construct 2 ini merupakan aplikasi dengan bahasa pemrograman HTML5, CSS dan JSON. Game yang dihasilkan yaitu menyajikan informasi terkait budaya daerah Lampung seperti : rumah adat, alat musik, pakaian adat, tarian, senjata dan makanan khas daerah. Selain itu juga terdapat game kuis, sebagai tahap evaluasi belajar mengenal budaya daerah, serta menghilangkan rasa jenuh setelah membaca materi budaya daerah Lampung. Dalam pengujian Game Marbel (Mari Belajar) Budaya Daerah Lampung ini menggunakan black box testing, sehingga pengembang sistem dan user dapat mengetahui apakah aplikasi ini sudah layak atau belumnya sebagai media edukasi pengenalan budaya daerah Lampung. Dengan begitu harapan penulis terhadap pengembangan game edukasi ini, dapat membantu dalam memperkenalkan budaya daerah Lampung pada khalayak umum. Kata Kunci : Budaya Daerah Lampung, Game Edukasi, Waterfall, Construct 2, HTML5, CSS, JSON, dan Localstorage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Erni Oktaviani vianii
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:42
Last Modified: 05 Jan 2024 01:42
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item View Item