PENGARUH INTERACTIVE SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP DIGITAL TRUST DAN MINAT PENGGUNAAN E- WALLET DI INDONESIA

Gunawan, ARIF and Yusendra, M. Ariza Eka (2024) PENGARUH INTERACTIVE SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP DIGITAL TRUST DAN MINAT PENGGUNAAN E- WALLET DI INDONESIA. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

[img] Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN)
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN)
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (DAFTAR RIWAYAT HIDUP)
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (HALAMAN PERSEMBAHAN)
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (MOTTO)
MOTTO.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (INTISARI & ABSTRAK)
INTISARI & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (PRAKATA)
PRAKATA.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat penggunaan e-wallet di indonesia. Peneliti melakukan hipotesis bahwa tingginya penggunaan e-wallet di indonesia disebabkan adanya digital trust yang tinggi pula sehingga para penggunanya merasa dekat dan percaya bahwa e-wallet merupakan solusi untuk mempermudah transaksi mereka. Digital trust ini dihipotesiskan oleh peneliti sebagian besar berasal dari agresifnya interactive social media marketing dari vendor dan pengaruh dari online consumer review para netizen yang banyak memberitakan berbagai informasi terkait penggunaan e-wallet. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif exploratory research, dengan populasi para pengguna e-wallet di indonesia dan sampel yang diteliti sebanyak 141 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SEM-PLS untuk bisa mengukur hubungan kausalitas yang kompleks antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interactive social media marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap digital trust. Online consumer review juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap digital trust. Digital trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-wallet. Berdasarkan hasil penelitian ini,dapat disimpulkan bahwa interactive social media marketing dan online consumer review dapat meningkatkan digital trust yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat penggunaan E-wallet di Indonesia. Kata Kunci: Digital marketing, Interactive social media marketing, Online consumer review, Digital trust, e-wallet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Bisnis Digital
Depositing User: Arif Gunawan
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:48
Last Modified: 15 Mar 2024 01:48
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15083

Actions (login required)

View Item View Item