Irpan, muhamad and Hasibuan, M. Said (2024) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL LAMPUNG BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
Text
Cover.pdf Download (120kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (169kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (384kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (305kB) |
|
Text
Motto.pdf Download (184kB) |
|
Text
Lembar Abstrak.pdf Download (262kB) |
|
Text
Halaman Persembahan.pdf Download (175kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (257kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (178kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (383kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (255kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (445kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (224kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (270kB) |
Abstract
Senjata tradisional Lampung merupakan bagian penting dari kekayaan budaya Indonesia. Namun, banyak masyarakat Lampung yang masih kurang mengenal berbagai jenis senjata tersebut, salah satunya disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis augmented reality (AR) yang mempermudah pengguna dalam mempelajari senjata tradisional Lampung melalui tampilan 3D. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode MDLC dengan perangkat lunak seperti Unity dan Blender, serta mengaplikasikan teknologi marker-based tracking dalam pembelajaran berbasis AR. Selain memperkenalkan bentuk senjata tradisional, aplikasi ini juga meningkatkan pemahaman pengguna terkait jenis dan karakteristik senjata tersebut. Pengujian fungsionalitas aplikasi dengan metode blackbox menunjukkan bahwa semua fitur berjalan dengan baik di berbagai versi platform Android. Sementara itu, hasil uji usabilitas menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 80,25%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan efektif dalam membantu pengenalan senjata tradisional Lampung. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperbaiki antarmuka pengguna serta meningkatkan kualitas model 3D agar lebih menyerupai aslinya. Key Words : Augmented Reality, Unity, Marker-Based, MDLC, Blackbox, System Usability Scale (SUS)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Muhammad Irpan |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/18621 |
Actions (login required)
View Item |