PERANCANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL BAHAYA MIRAS BAGI REMAJA

Saputra, Abdullatif Angga and MOUSSADECQ, ADE (2024) PERANCANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL BAHAYA MIRAS BAGI REMAJA. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (33kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN ORISINALITAS PENELITIAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (709kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (673kB)
[img] Text
5. MOTTO.pdf

Download (46kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (818kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (68kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miras merupakan jenis minuman yang terdapat kandungan alkohol, pengguunaan minuman keras pada saat ini menjadi suatu permasalahan yang terjadi pada kalangan remaja, yang mengakibatkan timbulnya permasalahan sosial sehingga merugikan banyak orang seperti, perkelahian, munculnya geng-geng remaja, perbuatan asusila, dan maraknya premanisme di kalangan remaja. oleh karena itu dibutuhkan sarana edukasi serta sosialisasi bagi remaja supaya terhindar dari minuman keras dan dampak negatifnya. Perancangan komik digital betujuan sebagai media kampanye yang menyenangkan, agar remaja terhindar dari bahaya minuman keras. Perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif, melalui observasi dan wawancara. selanjutnya data dianalisa menggunakan metode 5w+1h, sebagai landasan untuk membuat strategi dan konsep perancangan, selain itu perancangan juga menerapkan prinsip-prinsip desain. Pembuatan komik digital melalui proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Perancangan dibuat berdasarkan proses pengumpulan data serta riset yang dilakukan oleh perancang, sehingga menghasilkan solusi perancangan berbentuk komik digital dengan layout vertikal. Cerita fiksi yang tersaji diharapkan dapat menimbulkan efek jera bagi remaja yang menggunakan miras maupun remaja yang belum menggunakan miras. Kata kunci: Komik digital, Kampanye Sosial, Miras, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Abdullatif Angga saputra
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:08
Last Modified: 23 Jan 2025 06:08
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item