Fauzan Rohmanto, Rizal and Sari, Novita (2025) PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN DAYA TARIK DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA WISATAWAN DESA WISATA PULAU PAHAWANG LAMPUNG. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
MOTTO.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
PRAKATA.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI REVISI.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Fenomena industri pariwisata sangat dipengaruhi oleh fenomena perilaku masyarakat dalam menentukan pilihan destinasi wisata. Dalam beberapa tahun terakhir wisata Pulau Pahawang mengalami perubahan kenaikan dan penurunan jumlah wisatawan sehingga penurunan jumlah wisatawan akan mempengaruhi pendapatan masyarakat dan pelaku wisata Pulau Pahawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi wisatawan, Electronic Word of Mouth, dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung dengan daya tarik destinasi sebagai variabel moderasi pada wisatawan Desa Wisata Pulau Pahawang Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada pengunjung wisata Pulau Pahawang dengan metode Studi Lapangan (Field Research) langsung datang ke objek penelitan dan sampel pada penelitian ini sebanyak 230 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dilakukan dengan melakukan uji Model Measurement (Outer Model) dan Model Struktural (Inner Model). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa motivasi wisatawan tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, Electronic Word of Mouth dan citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Akan tetapi daya tarik destinasi tidak memoderasi motivasi wisatawan, Electronic Word of Mouth, citra destinasi terhadap keputusan berkunjung. Untuk pengelola dan pelaku wisata disarankan untuk : 1. Selalu aktif dalam pemasaran digital dengan mempromosikan destinasi wisata melalui media sosial dan mendorong wisatawan untuk memberikan ulasan yang positif di media sosial, 2. Disarankan untuk selalu menjaga citra dari destinasi serta membangun citra yang kuat dengan membuat promo dan aktivitas menarik di Pulau Pahawang sehingga akan membuat citra destinasi menjadi lebih kuat 3. Diharapkan selalu meningkatkan menambah daya tarik wisata yang lebih menarik seperti terus mempromosikan Pahawang dengan daya tarik terumbu karang, biota laut, dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Rizal Rizal Fauzan Rohmanto |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:55 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:55 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |