PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN DAYA TARIK DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA WISATAWAN DESA WISATA PULAU PAHAWANG LAMPUNG

Fauzan Rohmanto, Rizal and Sari, Novita (2025) PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN DAYA TARIK DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA WISATAWAN DESA WISATA PULAU PAHAWANG LAMPUNG. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (99kB)
[img] Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (333kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI REVISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fenomena industri pariwisata sangat dipengaruhi oleh fenomena perilaku masyarakat dalam menentukan pilihan destinasi wisata. Dalam beberapa tahun terakhir wisata Pulau Pahawang mengalami perubahan kenaikan dan penurunan jumlah wisatawan sehingga penurunan jumlah wisatawan akan mempengaruhi pendapatan masyarakat dan pelaku wisata Pulau Pahawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi wisatawan, Electronic Word of Mouth, dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung dengan daya tarik destinasi sebagai variabel moderasi pada wisatawan Desa Wisata Pulau Pahawang Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada pengunjung wisata Pulau Pahawang dengan metode Studi Lapangan (Field Research) langsung datang ke objek penelitan dan sampel pada penelitian ini sebanyak 230 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dilakukan dengan melakukan uji Model Measurement (Outer Model) dan Model Struktural (Inner Model). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa motivasi wisatawan tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, Electronic Word of Mouth dan citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Akan tetapi daya tarik destinasi tidak memoderasi motivasi wisatawan, Electronic Word of Mouth, citra destinasi terhadap keputusan berkunjung. Untuk pengelola dan pelaku wisata disarankan untuk : 1. Selalu aktif dalam pemasaran digital dengan mempromosikan destinasi wisata melalui media sosial dan mendorong wisatawan untuk memberikan ulasan yang positif di media sosial, 2. Disarankan untuk selalu menjaga citra dari destinasi serta membangun citra yang kuat dengan membuat promo dan aktivitas menarik di Pulau Pahawang sehingga akan membuat citra destinasi menjadi lebih kuat 3. Diharapkan selalu meningkatkan menambah daya tarik wisata yang lebih menarik seperti terus mempromosikan Pahawang dengan daya tarik terumbu karang, biota laut, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Rizal Rizal Fauzan Rohmanto
Date Deposited: 05 May 2025 03:55
Last Modified: 05 May 2025 03:55
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20133

Actions (login required)

View Item View Item